MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MELIPAT KERTAS WARNA PADA KELOMPOK B DI TK CUT MEUTIA

  • Rusana Rusana Universitas Almuslim
  • Rudy Juli Saputra Universitas Almuslim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan melipat kertas pada kelompok B di TK Cut Meutia Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus dan yang menjadi sumber data yaitu 24 anak kelompok B di TK Cut Meutia. Keberhasilan hasil tes akhir siklus I diperoleh data bahwa anak yang tuntas sebanyak 14 anak dengan persentase hanya mencapai 58% dan yang tidak tuntas sebanyak 10 anak dengan persentase 42%. Kemudian untuk hasil tes akhir unjuk kerja anak siklus II diperoleh data bahwa anak yang tuntas meningkat sebanyak 22 anak dengan persentase 92%. Setelah dihitung persentase maka keberhasilan tes akhir unjuk kerja anak siklus II dinyatakan tuntas sesuai dengan kriteria skor persentase keberhasilan ≥80%. Hasil analisis observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor persentase yaitu 70% pada taraf kriteria â€Baikâ€, dan meningkat di siklus ke II dengan skor 90% taraf kriteria â€Sangat Baikâ€. Pada hasil observasi aktivitas anak siklus I mencapai 52% hasil tersebut menunjukkan taraf kriteria â€Cukupâ€, dan meningkat di siklus ke II menjadi 85% taraf kriteria â€Sangat Baikâ€. Dengan demikian proses pembelajaran keterampilan motorik halus melalui kegiatan melipat kertas warna pada kelompok B di Cut Meutia Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen dapat di tingkatkan sesesuai kriteria ketuntasan. Kata kunci : Keterampilan, motorik halus, melipat kertas warna

References

[1] Kementerian Pendidikan Nasional, “Uu Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” 2003.
[2] “Implementasi Bermain Sambil Belajar Sains Untuk Mengembangkan Minat Dan Karakter Siswa Taman Kanak-Kanak (Tk) Kartini 1 Musuk Boyolali,” Upej (Unnes Phys. Educ. Journal), 2013, Doi: 10.15294/Upej.V2i1.1623.
[3] S. Suyanto, “Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini,” J. Pendidik. Anak, 2015, Doi: 10.21831/Jpa.V1i1.2898.
[4] W. Puspitorini, R. Kurniati, And J. Tangkudung, “Model Pembelajaran Berorientasi Fundamental Denganpermainan Air Untuk Anak 5 - 6 Tahun,” Jpud - J. Pendidik. Usia Dini, 2017, Doi: 10.21009/Jpud.112.11.
[5] Sujarwo, “Kemampuan Motorik Kasar Dan Halus Anak Usia 4-6 Tahun,” J. Pendidik. Jasm. Indones., 2015, Doi: 10.21831.
[6] S. Sarnawati And A. Arvyaty, “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Keterampilan Melipat Kertas,” J. Ris. Golden Age Paud Uho, 2019, Doi: 10.36709/Jrga.V2i1.8305.
[7] T. Wiyati, “Peningkatan Kemampuan Melipat Dengan Media Kertas Warna-Warni Pada Anak,” J. Pelita Paud, 2019, Doi: 10.33222/Pelitapaud.V3i2.524.
[8] Hartono, “Pengembangan Model Pembelajaran Seni Berbasis Kompetensi Pada Anak Usia Dini,” J. Pengetah. Dan Pemikir. Seni, 2007.
[9] R. Fitri And N. Hazizah, “Pelaksanaan Pengembangan Motorik Halus Anak Pada Sentra Seni Dan Kreativitas Di Tk,” Jface J. Fam. Adult, Early Child. Educ., 2019, Doi: 10.5281/Zenodo.2649345.
[10] Ani Widayati, “Penelitian Tindakan Kelas,” J. Pendidik. Akunt. Indones. Vol. Vi No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 Penelit., 2008.
[11] S. Arikunto, “Prosedur Penelitian Tindakan Kelas,” Bumi Aksara, 2006.
Published
2020-03-15