UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNTING DI TK AL MUSDAR

  • Yunmahlizar Yunmahlizar Universitas Almuslim
  • Rahma Rahma Universitas Almuslim

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B di TK Al Musdar yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan kemampuan motorik halus dikatakan berhasil apabila presentase kemampuan motorik halus anak mencapai ≥ 80% dengan kriteria baik. Hasil penelitian kemampuan fisik motorik pada pra tindakan pada kriteria kurang baik dari segi ketepatan 49.1%, dan kerapian 45.6%, setelah adanya tindakan pada Siklus I presentase segi ketepatan 54,3%, dan kerapian 52,6% dan Siklus II keterampilan fisik motorik anak semakin meningkat terlihat segi ketepatan 85.9% dan kerapian 82.4%. Peningkatan ini diperoleh melalui kegiatan menggunting dengan berbagai media dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu: (1) menyiapkan media dan alat yang digunakan di kegiatan menggunting, (2) memberikan contoh cara menggunting sesuai pola gambar, (3) membagikan media dan alat yang digunakan dalam kegiatan menggunting secara proporsional untuk setiap kelompok, (4) anak diperkenankan melakukan kegiatan menggunting dengan berbagai media sesuai dengan contoh yang diberikan oleh guru. Kata kunci : Kemampuan Fisik Motorik, Media Pembelajaran Menggunting

References

[1] Kementerian Pendidikan Nasional, “Uu Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” 2003.
[2] S. Suyanto, “Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini,” J. Pendidik. Anak, 2015, Doi: 10.21831/Jpa.V1i1.2898.
[3] W. Sanjaya, Kurikulum Dan Pembelajaran (Teori & Praktek Ktsp). 2008.
[4] Sujiono. Dkk., “Metode Pengembangan Kognitif,” Jakarta Univ. Terbuka, 2010.
[5] B. Sujiono, M. S. Sumantri, And T. Chandrawati, “Hakikat Perkembangan Motorik Anak,” Modul Metod. Pengemb. Fis., 2014.
[6] Y. M. Saputra, “Model Pengawasan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Sd,” J. Cakrawala Pendidik., 2015, Doi: 10.21831/Cp.V3i3.4209.
[7] G. Indra And G. Gusril, “Tinjauan Tentang Motorik Kasar Murid Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Painan Selatan Kabupaten Pesisir Selatan,” J. Stamina, 2019, Doi: 10.24036/Jst.V2i8.425.
[8] Elizabeth Hurlock, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga. 1997.
[9] T. Musfiroh, “Kreativitas Anak Usia Dini Dan Implikasinya Dalam Pendidikan,” Disajikan Di Hadapan Guru-Guru Play Gr. Dan Tk Kreat. Primagam, Di Pppg Mat., 2003.
[10] Rahma And F. Fatimah, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Computer Assisted Instruction ( CAI ) Pada Materi Hukum Newton, Jemas J. Edukasi Mat. Dan Sains, Vol. 1, No. 1, 2020.
[11] B. Zaman, M. Pd, And H. C. Eliyawati, “Media Pembelajaran Anak Usia Dini,” Media Pembelajaran Anak Usia Dini. 2010.
[12] A. Suharsimi, “Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi),” Jakarta: Rineka Cipta, 2013, Doi: 10.1017/Cbo9781107415324.004.
[13] Nuryati, “Pendidikan Anak Usia Dini,” J. Golden Age Univ. Hamzanwadi, 2018.
Published
2020-03-15