UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A (4-5 TAHUN) DI TK TIARA KOTA LHOKSEUMAWE

  • Fitriani Fitriani Universitas Almuslim
  • Fauziatul Halim Universitas Almuslim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui kegiatan bermain kartu angka pada anak kelompok A di TK Tiara Kota Lhokseumawe. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 15 anak Kelompok A di TK Tiara Kota Lhokseumawe yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi (chek list).Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukkan 75% anak mengalami peningkatan dalam mengenal lambang bilangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan setelah pembelajaran melalui kegiatan bermain kartu angka. Hasil observasi pada Pra Tindakan menunjukkan bahwa tidak ada anak yang berkriteria berkembang sangat baik atau yang mendapatkan persentase 80%. Setelah adanya tindakan Siklus II kemampuan mengenal lambang bilangan anak yang berkriteria berkembang sangat baik meningkat menjadi 90%. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak adalah guru mempersiapkan media permainan berupa kartu angka dan mendemonstrasikan cara bermainnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan bermain kartu angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A di TK Tiara Kota Lhokseumawe. Kata kunci: kemampuan mengenal lambang bilangan, bermain kartu angka

References

REFERENSI
[1] R. Rokhima, S. Khotijah, and I. Sumartiningsih, “Penggunaan Media Kartu Angka Bergambar dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Materi Pengenalan Angka dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar,” Laplace J. Pendidik. Mat., 2019, doi: 10.31537/laplace.v2i1.194.
[2] Desmita, “Psikologi Perkembangan Cetakan Ke-IV,” Bandung PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2010, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
[3] R. N. dan Komariah, “Perkembangan Kognitif dalam Mengenal Bilangan dan Lambang Bilangan melalui Permainan Matematika,” Antol. UPI, 2016.
[4] S. Suyanto, “Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini,” Pendidikan, 2005.
[5] S. Sudaryanti, “Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini,” J. Pendidik. Anak, 2015, doi: 10.21831/jpa.v1i1.2902.
[6] M. Diana, Psikologi Bermain Anak Usia Dini. 2010.
[7] S. HARTATI, “PENGEMBANGAN MODEL ASESMEN PERKEMBANGAN ANAK TAMAN KANAK- KANAK DI DKI JAKARTA,” JPUD - J. Pendidik. Usia Dini, 2017, doi: 10.21009/jpud.111.02.
[8] A. Yus, “BERMAIN SEBAGAI KEBUTUHAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN DIRI ANAK,” JIV, 2013, doi: 10.21009/jiv.0802.9.
[9] T. Musfiroh, “Teori dan Konsep Bermain,” Musfiroh, T., Hum, M. (2014). Teor. Dan Konsep Bermain., 2012.
[10] nuryati, “Pendidikan Anak Usia Dini,” J. Golden Age Univ. Hamzanwadi, 2018.
[11] H. Rasyid, “Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Bagi Perkembangan Anak Usia Dini,” Semin. Nas. Eval. Pendidik., 2014.
[12] Kementerian Pendidikan Nasional, “UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,” 2003.
[13] S. Arikunto, “Prosedur Penelitian Tindakan Kelas,” Bumi Aksara, 2006.
Published
2020-03-15