PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DENGAN TEMA BINATANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI PAUD AL-MUSLIM PANGGOI KOTA LHOKSEUMAWE

  • Jasmani Jasmani Universitas Almuslim
  • Nanda Safarati Universitas Almuslim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak usia dini aktivitas guru dalam Penguasaan Kosa Kata Umum Anak Usia Dini melalui Metode Picture and Picture dengan Tema Binatang di Kelompok B 5-6 tahun pada Paud Al-Muslim Panggoi Lhokseumawe. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan ke dalam dua siklus. Subjek penelitian ini berjumlah 15 orang anak kelompok B PAUD Al-Muslim Panggoi Lhokseumawe. Data penelitian tentang peningkatan kognitif dikumpulkan berupa hasil akhir Unjuk Kerja Anak, hasil observasi aktivitas guru dan anak.Adapun hasil tes akhir diperoleh nilai pada siklus I anak yang tuntas dengan persentase 58,31% dan tes akhir siklus II dengan persentase meningkat menjadi 86,66%. Hasil aktivitas guru pada siklus I dengan persentase 59,95 % dan aktivitas anak dengan persentase 60,74%. Pada Siklus II aktivitas guru diperoleh persentase 87,49%, dan aktivitas anak diperoleh persentase 88,33%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Penggunaan metode Picture and Picturepada Penguasaan Kosa Kata Umum Anak Usia Dinidapat meningkatkan kognitif Anak Usia Dini kelompok B TK Paud Al-Muslim Panggoi Lhokseumawe.†kata kunci: kognitif, metode Picture and Picture

References

[1] Uu Nomor 20 Tahun 2003, “Sistem Pendidikan Nasional,” Jakarta Direktorat Pendidik. Menengah Umum, 2003, Doi: 10.1016/J.Ypmed.2008.01.025.
[2] E. Syaodih And H. Handayani, “Developing Assertive Ability Of Young Children As A Countermeasure Effort For Bullying Behaviour,” 2017, Doi: 10.2991/Icece-16.2017.28.
[3] A. Ismail, Education Games Menjadi Cerdas Dan Ceria Dengan Permainan Edukatif. 2009.
[4] B. Sujiono, M. S. Sumantri, And T. Chandrawati, “Hakikat Perkembangan Motorik Anak,” Modul Metod. Pengemb. Fis., 2014.
[5] E. N. Utami, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Meronce,” Ceria (Cerdas Energik Responsif Inov. Adapt., 2018, Doi: 10.22460/Ceria.V1i1.P15-22.
[6] Sujarwo, “Kemampuan Motorik Kasar Dan Halus Anak Usia 4-6 Tahun,” J. Pendidik. Jasm. Indones., 2015, Doi: 10.21831.
[7] K. Suarca, S. Soetjiningsih, And I. E. Ardjana, “Kecerdasan Majemuk Pada Anak,” Sari Pediatr., 2016, Doi: 10.14238/Sp7.2.2005.85-92.
[8] J. W. Santrock, “Masa Perkembangan Anak: Children,” 2. 2011, Doi: 10.1016/J.Matchemphys.2003.11.036.
[9] M. Jamaris, “Pengembangan Instrumen Baku Kecerdasan Jamak Anak Usia Dini,” Param. J. Pendidik. Univ. Negeri Jakarta, 2014, Doi: 10.21009/Parameter.252.08.
[10] A. Ma’mum And Y. M. Saputra, “Perkembangan Gerak Dan Belajar Gerak,” Perkemb. Gerak Dan Belajar Gerak, 2000.
[11] Elizabeth Hurlock, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga. 1997.
[12] Sujiono. Dkk., “Metode Pengembangan Kognitif,” Jakarta Univ. Terbuka, 2010.
[13] W. Sanjaya, Kurikulum Dan Pembelajaran (Teori & Praktek Ktsp). 2008.
Published
2020-03-15