MENGENAL WARNA MELALUI PERMAINAN KLASIFIKASI MAMPU MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DI TK AL-BAYHAQI LHOKSEUMAWE

  • Eva Yanti Universita Almuslim
  • Faizah M Nur Universitas Almuslim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal warna melalui permainan klasifikasi pada kelompok B (5-6) Tahun TK Al-Bayhaqi Kota Lhokseumawe. Dengan kegiatan permainan klasifikasi adanya keterlibatan anak secara langsung sehingga anak memperoleh pengalaman langsung dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif. Subjek pada penelitian ini adalah anak di kelompok B berjumlah 18 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas anak meningkat sangat baik, untuk aktivitas guru pada siklus I mencapai 72,15% meningkat di siklus II menjadi 87,58%. Selanjutnya untuk observasi aktivitas anak siklus I mencapai 70% meningkat menjadi 88,14%. Adapun proses pembelajarannya anak diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan permainan klasifikasi dengan berbagai benda berwarna yang menarik untuk anak. Hasil penelitian meningkat secara bertahap, hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi pada Pratindakan, Siklus I dan Siklus II. Rata-rata perolehan persentase pada Pratindakan yaitu 66,67%, meningkat di Siklus I dengan persentase 72,22% dan meningkat mencapai 88,88% pada Siklus II. Kata Kunci : mengenal warna, permainan klasifikasi, kemampuan kognitif

References

[1] Nuryati, “Pendidikan Anak Usia Dini,” J. Golden Age Univ. Hamzanwadi, 2018.
[2] Suyadi And M. Ulfah, Konsep Dasar Paud. 2013.
[3] P. E. Langford And P. E. Langford, “Piaget,” In Approaches To The Development Of Moral Reasoning, 2018.
[4] Sujiono. Dkk., “Metode Pengembangan Kognitif,” Jakarta Univ. Terbuka, 2010.
[5] S. Bredekamp And C. Copple, “Developmentally Appropriate Practice In Early Childhood Programs Serving Children From Birth Through Age 8,” Young Child., 2009.
[6] S. Suyanto, “Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini,” Pendidikan, 2005.
[7] Rahma And F. Fatimah, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Computer Assisted Instruction ( CAI ) Pada Materi Hukum Newton,” Jemas J. Edukasi Mat. Dan Sains, Vol. 1, No. 1, 2020.
[8] S. R. Haditono, “Prevention And Treatment Of Child Abuse And Neglect Among Children Under Five Years Of Age In Indonesia,” Child Abus. Negl., 1981, Doi: 10.1016/0145-2134(81)90026-0.
[9] B. Sujiono, M. S. Sumantri, And T. Chandrawati, “Hakikat Perkembangan Motorik Anak,” Modul Metod. Pengemb. Fis., 2014.
[10] A. Suharsimi, “Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi),” Jakarta: Rineka Cipta, 2013, Doi: 10.1017/Cbo9781107415324.004.
Published
2020-03-15