UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE DI TK AL-KAUTSAR KABUPATEN BIREUEN

  • Cut Ratnawati Universitas Almuslim
  • Muhammad Kharizmi Universitas Almuslim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan kolase. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dan yang menjadi sumber data penelitian adalah anak kelompok B di TK Al Kautsar sebanyak 13 anak. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa unjuk kerja yang dikaitkan dengan penjelasan rubrik penilaian dan obeservasi. Selanjutnya dianalisis dengan metode kualitatif. Adapun keberhasilan hasil akhir unjuk kerja anak siklus I mencapai 6 anak yang berkembang sesuai harapan dengan persentase 46%, mengalami peningkatan di siklus II mencapai 12 orang anak berkembang sesuai harapan dengan persentase 92%, berdasarkan hasil tes akhir siklus II menunjukan hasil belajar anak sudah tuntas dikarenakan penelitian dikatakan berhasil apabila ≥80% dari jumlah anak mendapatkan nilai berkembang sesuai harapan. Hasil akhir observasi terhadapa aktivitas guru siklus I dengan skor 72% pada taraf keberhasilan “Baik†dan meningkat di siklu II dengan skor 95 pada taraf keberhasilan “Sangat Baikâ€. Sedangkan hasil akhir observasi terhadapa aktivita anak siklus I dengan skor 54% pada taraf keberhasilan “Cukup†dan meningkan di siklus II dengan skor 86% pada taraf keberhasilan “Sangat Baikâ€. Dengan demikian proses pembelajaran keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan kolase pada kelompok B di TK Al Kautsar telah tuntas dan terjadi peningkatan sesuai dengan yang di harapan dan tuntas sesuai dengan kriteria yang ditentukan.

References

[1] dkk Yuliani, Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka, 2011.
[2] Sumantri, Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas, 2005.
[3] Departemen Pendidikan Nasional,
[6] R. Dewi, Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas, 2005.
[7] Sumanto, Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak Tk. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi., 2005.
[8] H. & E. S. Pamadhi, Seni Keterampilan Anak. Yogyakarta: Universitas Terbuka.
[9] S. Arikunto, Prosedur Penelitian Ilmiah. 2010.
[10] N. Rahma, Rahma & Safarati, “Penerapan Metode Eksperimen pada Materi Sifat-Sifat Cahaya dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di Kelas V SD Negeri 1 Muara Dua Kota Lhokseumawe,” Variasi Maj. Ilm. Univ. Almuslim, vol. 11, pp. 17–20, 2019. Pengembangan Bahan Ajar dan Media. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
[4] Rusana; Rudy Juli Saputra, “Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Melipat Kertas Warna Pada Kelompok B Di TK Cut Meutia,” JUPEGU-AUD, vol. 1, no. 1, pp. 17–21, 2020.
[5] Permendiknas, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar PPendidikan Anak Usia Dini. Permendiknas, 2009.
Published
2020-09-14