UPAYA PENINGKATKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK PADA KELOMPOK B (5-6 TAHUN) DI TK ISLAM TERPADU AZKIYA KOTA JUANG KABUPATEN BIREUEN

  • Fitriani Fitriani Universitas Almuslim
  • Rudy Juli Saputra Universitas Almuslim

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan fisik motorik kasar anak dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar anak adalah dengan permainan tradisional engklek. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar melalui permainan tradisional engklek pada kelompok B (5-6 Tahun) di TK Islam Terpadu Azkiya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa unjuk kerja yang dikaitkan dengan penjelasan rubrik penilaian dan obeservasi. Selanjutnya dianalisis dengan metode kualitatif. Keberhasilan hasil tes akhir unjuk kerja anak yang tuntas di siklus I yaitu 5 anak dengan persentase 25% dan meningkat di siklus ke II anak yang tuntas mencapai 17 anak dengan persentase 85%. Setelah dihitung persentase maka keberhasilan tes akhir unjuk kerja anak siklus II dinyatakan tuntas dikarenakan sudah mencapai indikator yang ditentukan yaitu ≥80%. Hasil analisis observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor persentase yaitu 76% taraf keberhasilan kriteriaâ€Baikâ€, dan meningkat di siklus ke II dengan skor 89% taraf keberhasilan kriteriaâ€Sangat Baikâ€. Pada hasil observasi aktivitas anak siklus I mencapai 55%, hasil tersebut menunjukkan taraf keberhasilan kriteria â€Cukupâ€, dan meningkat di siklus ke II menjadi 87% taraf keberhasilan kriteria “Sangat Baikâ€. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan permainan tradisional engklek dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar anak pada kelompok B (5-6 Tahun) di TK Islam Terpadu Azkiya Kota Juang Kabupaten Bireuen

References

[1] Samsudin, Pengembangan Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Media Grup, 2005.
[2] Y. Rahma, “Upaya Peningkatan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Menggunting di TK Al Musdar,” JUPEGU AUD, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2020.
[3] Sumantri, Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini.
Jakarta: Depdiknas, 2005.
[4] Jasmani and N. Safarati, “Penerapan Metode Picture and Picture Dengan Tema Binatang UntukK Meningkatkan Kemampuan Kognitif Aanak Usia Dini Kelompok B di PAUD Al-Muslim Panggoi Kota Lhokseumawe,” JUPEGU-AUD, vol. 1, no. 1, pp. 34–38, 2020.
[5] Suyadi, Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Perdana Publishing, 2014.
[6] K. Acroni, Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan
Tradisional. Jakarta: Prenada Media Group, 2012.
[7] Yudhistira, Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK (Asli Perlu Ilmiah Konsisten). Jakarta: PT. Grasindo, 2013.
[8] N. Mulyani, Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Diva Press, 2016.
[9] S. Dharmamulya, Permainan Tradisional Jawa. Yogyakarta: Kepel Press, 2005.
[10] Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1998.
[11] S. Arikunto, Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. 2006.
Published
2020-09-14