UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KREATIFITAS ANAK MELALUI MEDIA PLASTISIN PADA KELOMPOK A (4-5) TAHUN DI TK SRIKANDI KOTA LHOKSEUMAWE

  • Jannaton Jannaton Universitas Almuslim
  • Hambali Hambali Universitas Almuslim

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas anak dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kreatifitas anak dengan menggunakan media plastisin. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas anak melalui media plastisin pada kelompok A (4-5 tahun) di TK Srikandi. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Sumber data anak kelompok A (4-5 tahun) di TK Srikandi berjumlah 21 anak. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa unjuk kerja yang dikaitkan dengan penjelasan rubrik penilaian dan obeservasi. Selanjutnya dianalisis dengan metode kualitatif. Keberhasilan hasil tes akhir unjuk kerja anak yang tuntas di siklus I yaitu 52% dan meningkat di siklus ke II 86%. Setelah dihitung persentase maka keberhasilan tes akhir unjuk kerja anak siklus II dinyatakan tuntas sesuai dengan kriteria yang dihasilkan anak mendapat skor ≥80% dari jumlah anak yang berkembang sesuai harapan dari kemampuan kreativitas melalui media plastisin. Hasil analisis observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor persentase yaitu 75% taraf keberhasilan kriteria â€Baikâ€, dan meningkat di siklus ke II dengan skor 91% taraf keberhasilan kriteria â€Sangat Baikâ€. Pada hasil observasi aktivitas anak siklus I mencapai 63% hasil tersebut menunjukkan taraf keberhasilan kriteria â€Baikâ€, dan meningkat di siklus ke II menjadi 86% taraf keberhasilan kriteria “Sangat Baikâ€. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui media plastisin dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak pada kelompok A (4-5 tahun) di TK Srikandi Kota Lhokseumawe.

References

[1] R. Mudyahardjo, Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.
[2] Marlinda; Hambali, “Penggunaan Media Pembelajaran Melalui Kegiatan Morance untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini,” JUPEGU-AUD, vol. 1, no. 1, pp. 11–18, 2020.
[3] U. R. N. 20 T. Undang-undang RI No. 20, 2003, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia,” Zitteliana, 2003.
[4] L. Syamsul; Yusuf, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosda Karya., 2001.
[5] Munandar U, Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1999.
[6] Suratno, Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas, 2005.
[7] Nursisto, Kiat Menggali Kreativitas. Yogyakarta: Mitra Gama Widya, 1999.
[8] Piirto J, Those Who Create. Dayto, Ohio: Ohio Psychology Press, 1992.
[9] Sumanto, Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: iretur Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, 2005.
[10] B. C. Designs, “http:sitirochayahroin.file.wordoress.com,”2011, 2011. http:sitirochayahroin.file.wordoress.com.
[11] B. E. . Montolalu, Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka, 2009.
[12] B. ; dkk Zaman, Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Universitas Terbuka, 2009.
[13] Suyanto, Strategi Pendidikan Anak. Yogyakarta: Hikayat, 2008.
[14] S. Arikunto, Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. 2010.
Published
2020-09-14