PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH MAHASISWA PGSD SEMESTER I MELALUI DRILL METHOD

  • Zulkarnaini Zulkarnaini

Abstract

Akibat bekal pengetahuan jenjang pendidikan sekolah tidak memadai. Mahasiswa semester I tidak runtun mengorganisasikan ide-ide secara sistematis dalam tulisan. Bahkan pula keterbatasan pengetahuannya terhadap penggunaan ejaan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran   melalui Drill Method menjadi alternatif peningkatan intensitas keterlibatan mahasiswa secara efektif dalam menulis ilmiah. Oleh karena itu, Keberhasilan menulis ilmiah mahasiswa tidak terlepas dari kebiasaan menulis dan berorientasi terhadap kebutuhan mahasiswa bukan teoritik semata.

 

Kata Kunci: Drill Method, Menulis Karya Ilmiah

 

References

Astra dan Sumiati. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Akhadiah, S. et al. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Cahyani, I dan Hojidah. 2007. Kemampuan Berbahasa di Sekolah Dasar. Bandung. UPI Press.

Djuanda, D. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

Gie, L.T. 1992. Pengantar Dunia Karang – Mengarang.Yogyakarta: Liberty.

Kosasih. E. 2010. Bimbingan Menulis Karya Ilmiah: Bandung. CV Pustaka Setia.

Resmini, N dan Juanda, D. 2008. Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Bandung: UPI Press 2003. Hal 172-196.

Sagala. S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Semi, A. M. 2008. Dasar- Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa

Tarigan, H. G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Sitaresmi, N. 2010. Model Pembelajaran Deskripsi. [Online]. Tersedia: http://file.upi.edu/ai.php?dir=Direktori/C%20-20FPBS/JUR.%20PEND.%20
BHS.%20DAN%20SASTRA%20INDONESIA/.

Iskanadarwassid dan Sunendar, D. (2009). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Usman, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam. Banda Aceh.
Published
2016-06-08