PERANAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

  • Novianti Novianti Prodi Pendidikan Matematika Universitas Almuslim

Abstract

Dalam sejarah perkembangannya, psikologi pendidikan pada dasarnya tidak akan terlepas kaitannya dengan proses pembelajaran. Salah satu keberhasilan proses belajar mengajar baik di tempat formal maupun informal sangat dipengaruhi oleh keberhasilan tenaga pendidik dalam melaksanakan peranannya dalam proses belajar mengajar terutama berhubungan dengan psikologi pendidikan. Dalam menyelenggarakan proses belajar-mengajar terdapat beberapa hal mengenai prinsip psikologi pendidikan yang harus diterapkan tenaga pendidik. Oleh karena itu peranan figur tenaga pendidik dalam hal ini sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses pembelajaran disekolah. Tenaga pendidik yang berkompeten dalam perspektif psikologi pendidikan adalah pendidik yang mampu melaksanakan profesinya secara bertanggung jawab, sehingga mampu menerapkan prinsip-prinsip psikologis dan semua yang berhubungan dengan psikologi pendidikan


Kata kunci: Psikologi Pendidikan, belajar-mengajar

References

Asri Budi Ningsih. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

M. Dalyono. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Suryabrata. 1984. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali

Syah, Muhibbin. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Tirtarahardja, Umar dan Sulo, La. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Published
2016-10-07