LESSON STUDY DALAM PEMBELAJARAN MENULIS SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA CALON GURU SD

  • Nurmina Nurmina Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Abstract

Pembelajaran menulis  merupakan salah satu mata kuliah penting yang harus dikuasai dan dimiliki oleh mahasiswa. Untuk itu perlu dilakukan pengelolaan pembelajaran yang inovatif dan meningkatkan kreatifitas mahasiswa dalam menemukan ide-ide kreatif. Melalui kegiatan lesson study ini diharapkan mahasiswa mampu atau memiliki keterampilan dalam menulis sehingga bakat dan minat mahasiswa dalam menulis dapat diasah dan dikembangkan. Pelaksanaan lesson study di Program Studi PGSD ini merupakan realisasi dari Program Hibah Penguatan lesson study di lingkup FKIP Universitas Almuslim. Tujuan diterapkannya lesson stuy adalah untuk meningkatkan proses dan hasil belajar mahasiswa calon guru Bahasa Indonesia Universitas Almuslim.  Jenis penelitian Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif bersifat deskriptif. Sumber data adalah mahasiswa calon guru SD, FKIP Universitas Almuslim, semester genap tahun ajaran 2013/2014 berjumlah 32 mahasiswa. Untuk mendapatkan data, penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus statistik. Hasil pengolahan dan analisis data menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh kemampuan siswa mengalami peningkatan. Dari hasil pretes, yaitu kemampuan menulis dan menyunting karangan 67,4 meningkat 82,6 dan kemampuan menulis dan menyunting surat 40,9 meningkat 80,5. Dengan demikian, dapat disimpulkan pembelajaran lesson study mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis, khususnya menulis karangan, menulis surat, serta menyunting karangan dan surat. Selain itu, mahasiswa juga memberikan respon positif terhapat pembelajaran yang diikuti dengan model lesson study. Ini membuktikan bahwa lesson study efektif diterapkan pada pembelajaran menulis mahasiswa calon guru SD, Program Studi PGSD, Universitas Almuslim.


Kata Kunci        : Lesson Study, Menulis


References

Nurgiantoro, Burhan. 1988. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta : BPFE.

Lewis, Catherine C. 2002. Lesson Study: A Handbook of Teacher-Led Instructional Change, Philadelphia, PA: Research for Better Schools, Inc.

Semi, M. Atar. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Slamet, St. Y. 2008. Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta:UNS Press.

Tarigan, Djago dan H.G. Tarigan. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa

Wang Inerson, Pasty and Yoshida, Makoto (editors). 2005. Building Our Understanding of Lesson Study. Philadelphia, PA: Research for Better Schools.
Published
2015-09-30