DESAIN BAHAN AJAR OPEN-ENDED PROBLEM BERBENTUK APPLIED REAL-WORLD PROBLEMS, MATHEMATICAL INVESTIGATION DAN SHORT-OPENED QUETIONS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA CALON GURU SD

  • Marzuki Marzuki Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Asrul Karim Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Riandi Marisa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Abstract

Pentingnya kemampuan berpikir kreatif mahasiswa calon guru Sekolah Dasar sebagai bekal nantinya dalam melakukan tugas pokoknya sebagai guru untuk mengelola proses pembelajarannya di SD. Berdasarkan pengalaman peneliti dalam proses pembelajaran pada perkuliahan teridentifikasi bahwa kemampuan berpikir kreatif mahasiswa calon guru rendah. Masalah tersebut tidak dapat dibiarkan begitu saja, dikhawatirkan nantinya akan berpengaruh ataupun berdampak pada kemampuan siswa SD peserta didiknya dikemudikan hari. Masalah tersebut kiranya dapat dipahami bahwa merancang bahan ajar yang di dalamnya memuat soal-soal yang mendukung kemampuan berpikir kreatif perlu dilakukan sebagai upaya untuk pengembangan kompetensi mahasiswa calon guru SD. Adapun tujuan penelitian adalah merancang bahan ajar open-ended problem berbentuk applied real-world problems, mathematical investigation dan short-opened quetions untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa calon guru SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Pada penelitian yang dilakukan pada tahun pertama ini menghasilkan bahan ajar open-ended problem berbentuk applied real-world problems, mathematical investigation dan short-opened quetions yang telah diuji coba sebagai suatu alternatif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa calon guru SD.

References

Fardah, D. K. 2012. Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Jurnal Kreano. Vol. 3 No. 2 Desember 2012.

Foong, Pui Yee. 2006. Problem Solving In Mathematics. Dalam Lee Peng Yee (Penyunting), Teaching Primary School Mathematics. A Resourse Book. Mthematics and mathematics Education National Institute of Education Nanyang technological University Singapore.(hlm. 47-69)

Mahmudi, A. 2008. Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif. Makalah Disampaikan Pada Konferensi Nasional Matematika (KNM) XIV Universitas Sriwijaya Palembang, 24 - 27 Juli 2008. [online] diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Ali%20Mahmudi,%20S.Pd,%20M.Pd,%20Dr./Makalah%2001%20KNM%20UNSRI%202008%20_Pemecahan%20Masalah%20&%20Berpikir%20Kreatif.pdf

Mahmudi, A. 2010. Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Makalah Disampaikan pada konferensi Nasional Matematika XV UNIMA Manado, 30 Juni-3 Juli 2015. [online] diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Ali%20Mahmudi,%20S.Pd,%20M.Pd,%20Dr./Makalah%2014%20ALI%20UNY%20Yogya%20for%20KNM%20UNIMA%20_Mengukur%20Kemampuan%20Berpikir%20Kreatif%20_.pdf

Mustikasari, et.al. 2010. Pengembangan Soal-Soal Open-Ended Pokok Bahasan Bilangan Pecahan di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 4 No. 1 Juli 2010.

Mustikasari. 2008. Peningkatan kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pemberian Soal Open-Ended. Makalah disampaikan pada Konferensi Nasional Matematika XIV Universitas Sriwijaya Palembang, 24 - 27 Juli 2008.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian dan Pengembangan, pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta.

Wahyudin. 2008. Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran. Bandung. CV. Ipa Abong.
Published
2017-03-13