UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT INDRA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF KEKUATAN BERDUA (THE POWER OF TWO) BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 8 NISAM

  • Fauziatul Halim Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Rahmawati Rahmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mendeskripsikan  peningkatan hasil belajar pada materi alat indra manusia dengan menggunakan strategi pembelajaran kekuatan berdua (The power Of Two)Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 8 Nisam yang berjumlah 25 orang. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dan jenis penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, wawancara, observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian dari hasil tes siklus I terhadap ranah kognitif  menunjukkan 68 % siswa tuntas, dan  32 % tidak tuntas, ranah afektif 48% baik dan 52% kurang, ranah psikomotorik 52% lulus dan 48% tidak lulus. Kemudian dilanjutkan siklus II, pada ranah kognitif menunjukkan 88%siswa tuntas dan 12% tidak tuntas, ranah afektif 80% siswa baik dan 20% siswa kurang, pada ranah psikomotorik meningkat menjadi 80% siswa lulus dan 20% tidak lulus.  Hasil observasi siklus I yang dilakukan oleh 2 pengamat terhadap kegiatan guru dan siswa termasuk dalam katagori sangat baik, kemudian dilanjutkan observasi siklus II terhadap kegiatan guru dan siswa yang dilakukan oleh 2 pengamat termasuk dalam katagori sangat baik. Dari hasil wawancara siklus I dan II menunjukkan siswa menyukai pembelajaran dengan menggunakan Pada materi Alat Indra Manusia Dengan Menggunakan Strategi Pembelajarana kekuatan berdua (The power Of Two) karena dapat mengatasi kesulitan dan meningkatkan hasil belajar pada materi alat indra manusia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa  pada materi alat indra manusia dengan menggunakan strategi pembelajarana aktif kekuatan berdua (The power Of Two) Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 8 Nisam.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Burhan. 2012. Panduan Menulis Karya Ilmiah.Yogyakarta : Araska

De Walle, John A. Van. Elementary Student Motivasion : Teaching Developmentally. New York: Longman

Djamarah, B dan Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik. 2009. Proses Belajar Mengaja. Jakarta : Bumi Aksara

Haryanto, 2006.Sains Untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Jakarta : Erlangga.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning, Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

Kurnia, Tri Nurhayati. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Eska Media

Melvin L. Silberman. 2007. Active Learning (101 Strategi Pembelajaran Active). Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.

Moleong. J. Lexy. 2007. Metodelogi Penelitian. Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Pupuh dan Sobry. 2007. Strategi Belajara Mengajar. Bandung : Refika Aditama

Sanjaya.Wina.2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Yogyakarta : Alfabeta

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustaka
Published
2017-03-31