PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 6 BIREUEN

  • Novianti Novianti Prodi Pendidikan Matematika

Abstract

 

Prestasi belajar matematika siswa di SD N 6 Bireuen,saat ini masih belum sesuai dengan yang diharapkan, karena dilihat dari hasil belajar siswa,  nilai ketuntasan yang diperoleh masih di bawah ketuntasan minimal terutama pada  materi sifat-sifat bangun ruang. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti  menggunakan model pembelajaran Guided Note Taking. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Guided Note Taking yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat bangun ruang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N 6 Bireuen yang berjumlah 31 orang. Data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes, observasi, dan wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh skor persentase hasil tes akhir siklus I belum sesuai dengan kriteria hasil yang ditetapkan yaitu hanya 64,51 %. Selanjutnya pada tes akhir siklus II diperoleh nilai persentase 83,87 % sehingga sudah mencukupi nilai ketuntasan. Berdasarkan hasil observasi terhadap kegiatan peneliti sudah mencapai kriteria yang ditetapkan yaitu mencapai 78,25 %, sedangkan hasil observasi terhadap kegiatan siswa masih belum tercapai yaitu hanya 75,00 %, dengan demikian dapat disimpulkan siklus I belum berhasil, untuk itu peneliti perlu melakukan siklus II dan memperbaiki kelemahan yang ada. Pada siklus II berdasarkan hasil observasi terhadap kegiatan peneliti dan siswa sudah mencapai kriteria yang ditetapkan yaitu masing-masing 89,27 %, dan 87,57 %. Jadi berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Guided Note Taking dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta:Rineka Cipta.

Izaskia, 2010. Penerapan Strategi Guided Note Taking Dalam Pembelajaran. (online). (http://izaskia.wordpress.com), diakses 9 September 2015.

Maidiyah. E & Usman. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam : Universitas Syiah Kuala.

Moleong, Lexy. J. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group.

Shadiq, Fajar. 2009. Kemahiran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung:Tarsito
Published
2017-03-30