KORELASI KECERDASAN SPASIAL TERHADAP MATHEMATICAL PROFICIENCY SISWA SEKOLAH DASAR KOTA BANDA ACEH

  • Aklimawati Aklimawati Universitas Serambi Mekkah
  • Rifaatul Mahmuzah Universitas Serambi Mekkah

Abstract

Multiple Intelligences mencoba mengubah pandangan bahwa kecerdasan seseorang hanya terdiri dari IQ saja. Multiple Intelligences memberikan pandangan bahwa terdapat sembilan kecerdasan yang dimiliki oleh setiap individu, yang membedakan tingkatan dominasi dari kecerdasan tersebut. Salah satu kecerdasan yang sangat erat hubungannya dengan kemampuan matematika adalah kecerdasan spasial. Kecerdasan spasial adalah kemampuan yang meliputi proses kognitif seseorang dalam merepresentasikan dan memanipulasi benda ruang serta hubungan dan transformasi bentuknya. Penelitian ini bertujuan mengetahui korelasi kecerdasan spasial terhadap mathematical proficiency siswa kelas VI Sekolah Dasar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah dasar kota Banda Aceh, adapun yang menjadi sampel adalah siswa kelas VI pada 3 Sekolah dasar di Banda Aceh, yaitu SDN 67 Percontohan, SDN 37 Banda Aceh dan SDN 63 Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan test kecerdasan spasial dan test kemampuan Mathematical Proficiency siswa. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan yang kuat antara kecerdasan kecerdasan spasial terhadap mathematical proficiency siswa kelas VI Sekolah Dasar Banda Aceh. Hubungan ini diharapkan mampu memberikan informasi bagi guru untuk meningkatkan kecerdasan spasial agar mampu meningkatkan kemampuan mathematical proficiency siswa.

Kata Kunci: multiple intelligences, kecerdasan spasial, mathematical proficiency.

 

References

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Gravemeijer, K. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institute.

Hoerr, Thomas R. 2007. Buku Kerja Multiple Intelligences. Bandung: Kaifa.

Hudoyo, H. 2007. Strategi Belajar&MengajarMatematika. Malang: IKIP Malang.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. 2001. Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

NCTM, Geometry, Spatial reasoning, and Measurement.http://www.nctm.org/ handlers/aptifyattachmenthandler.ashx.

Olkun, Sinan. 2003. “Making Connection: Improving Spasial Abilities with ngineering Drawing Activities,” International journal of Mathematics Teaching and Learning.

Suparyan. 2007. Kajian Kemampuan Keruangan (Spatial Abilities) dan Kemampuan Penguasaan materi Geometri Ruang Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UNNES. Thesis (tidak diterbitkan). Semarang: UNNES.

Thobroni, Muhammad & Arif Mustofa. 2013. Belajar & Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Published
2017-10-16