UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI KELAS IV SD NEGERI 1 JEUNIEB

  • Marzuki Marzuki Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Safrina Safrina Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Abstract

Ketidak mampuan siswa terhadap materi keliling dan luas segitiga dikarenakan siswa tidak tahu rumus serta  cara menghitungnya. Tujuan penelitian ini adalah sebagai upaya meningkatkan kemampuan siswa terhadap materi keliling dan luas segitiga melalui model pembelajaran Group Investigation. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas III SD Negeri 1 Jeunib  yang berjumlah 37 orang siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes awal, tes akhir tindakan, observasi, wawancara dan catatan lapangan, kemudian data dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil analisis data dalam penelitian menunjukkan Penerapan pembelajaran Group Investigation pada materi keliling dan luas segitiga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Jeunieb.

Kata Kunci: hasil belajar, keliling dan luas segitiga

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Istarani, 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Maidiyah, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam: Universitas Syiah Kuala.

Moleong, Lexy. J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Putri, dkk. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemahaman Konseptual Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Sederhana Siswa SDN Pagerwojo Sidoarjo. UNESA. 1: 75-80.

Ridhwan. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Sifat- Sifat Bangun Datar Di Kelas V Sd Negeri 13 Peusangan. Perpustakaan Almuslim: Tidak diterbitkan.

Sumartono, Marliah. 2013. Implementasi Model Kooperatif Group InvestigationPada Pembelajaran Matematika di
Kelas X SMA. EDU-MAT. 1:52-59.

Sutarto, Rahmawati. 2014. Implementasi Group
Investigation Dengan Scientificportofolio terhadap kemampuan berfikir kritis matematis. UJME.3:221-230.

Slavin. 2005. Cooperatif Learning. Bandung: Nusa Media

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumarmo, Utari. 2013. Pengembangan Hard skill dan Soft Skill Matematika Bagi Guru dan Siswa Untuk Mendukung Impelementasi Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika: Bandung.
Published
2017-09-30