ANALISIS KETERLAMBATAN DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI

  • Azizah Uswatun Hasananah AM Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Abstract

Anak usia dini memiliki sifat unik dan luar biasa, dimana kecerdasan dan keterampilan yang dimiliki anak dapat berguna bagi perkembangan dan kehidupan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pengahambat perkembangan bahasa anak usia dini dan aspek-aspek perkembangan bahasa anak usia dini. Untuk itu penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus, yang mencoba menfokuskan perhatian penelitian pada satu persoalan fenomena bahasa anak usia dini. Prosedur pengumpulan data yang akan dilakukan oleh peneliti meliputi Observasi kualitatif dan wawancara. Dari hasil penelitian terlihat bahwa anak yang belum memiliki ketercapaian perkembangan bahasa sesuai dengan STTPA dapat disebabkan dari beberapa faktor. Diantaranya faktor jenis kelamin, anak kembar, lingkungan sekitar, orangtua dan mengalami gangguan bahasa reseptif dan ekspresif.

Kata Kunci: Pengembangan Bahasa, Pendidikan Anak Usia Dini

References

Ambara, Didith Pramundatya. 2014. Asesmen Anak Usia Dini. Graha Ilmu: Yogyakarta

Beaty, Janice J. 2014.Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Ketujuh. Kencana: Jakarta

Dougherty, Dorothy P. 2014. Ajari Aku Mengucapkannya dengan Benar. Pustaka Belajar: Yogyakarta

Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga: Jakarta

Lestariningrum, Anik dkk. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Media Panggung Boneka Tangan, Nusantara of Research, diakses pada wwwidnarko@yahoo.co.id, pada 27 Mei 2017.

Lestari, Puji. 2016. Pengembangan Berbahasa pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bermain Kartu Huruf di TK PSM2 Kawedan Magetan, dalam Jurnal Care Volume 03 Nomor 2 Januari 2016 PG PAUD IKIP PGRI Madiun, Diakses pada Tanggal 30 Maret 2017.

Pujaningsih. 2016. Perkembangan Bahasa dan Gangguan Bahasa Pada Anak Berkebutuhan Khusus, dalam Jurnal Pendidikan Khusus Volume 6 Nomor 1 Mei 2016, Diakses pada Tanggal 30 Maret 2017.

Suhada, Idad. 2016. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Bintang Pustaka Abadi: Yogyakarta.

Wiyani, Novan Ardy, Barnawi, 2016. Format PAUD: Konsep, Karakteristik & Implimentasi Pendidikan Anak Usia Dini.Ar-Ruzz Media: Yogjakarta

Wiyani, Novan Ardy. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Panduan bagi Orang Tua dan Pendidik PAUD dalam Memahami Serta Mendidik Anak Usia Dini. Gava Media: Yogyakarta

Yusuf, Syamsu. 2012. Psikologi Perkembangan Anak Dan RemajaPT Remaja Rosdakarya:Bandung
Published
2018-03-30