PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN BANTUAN MEDIA KOMIK SAINS PADA KONSEP ORGAN PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS V SDIT AZKIYA

  • Muthmainnah Muthmainnah Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa melalui penerapan model pembelajaran role palying dengan bantuan media komik sains di Kelas V SDIT Azkiya Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester 1 tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes, lembar observasi dan angket. Pengolahan data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi organ pencernaan manusia terjadi peningkatan. Pada tes siklus I, diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa 71% dan pada siklus II persentae ketuntaan belajar siswa meningkat menjadi 95,5%. Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan menjadi lebih baik. Perolehan persentase awal aktivitas guru 86,67% (kategori baik) meningkat  menjadi 88,89% (kategori baik). Sedangkan perolehan persentase awal untuk aktivitas siswa 90% (kategori sangat baik) meningkat menjadi 91,11% (kategori sangat baik). Berdasarkan hasil sebaran angket diketahui bahwa terdapat sekitar 95% siswa mengatakan setuju dengan model pembelajaran role playing dengan bantuan media komik sains pada materi organ pencernaan manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Role Playing, Komik Sains, Hasil Belajar

References

Nurlatipah, Nunik., Anda Juanda & Yuyun Maryuningsih. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sains yang Disertai Foto untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Sumber pada Pokok Bahasan Ekosistem (Scientiae Educatia Volume 5 Nomor 2 Tahun 2015). (online). (https://www.google.com/ download.portalgaruda.org%2Farticle.php).

Purnama, Unty Bany., Mulyoto & Deny Tri Ardianto. 2015. Penggunaan Media Komik Digital dan Gambar Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajara IPA Ditinjau dari Minat Belajar Siswa (TEKNODIKA, Volume 13, Nomor 2).(online), (https://www.jurnal.fkip.uns.ac.id%2Findex.php%2Fteknodika%2Farticle%2FviewFile%2F6793%2F4649&usg=AFQjCNHn6vQtudSLP_Od428ljSslsJWzqg)

Sadiman, Arief S., R. Rahardjo., Anung Haryono & Rahardjito. 2008. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Raja
Grafindo Persada: Jakarta.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D). Alfabeta: Bandung.

Uno, Hamzah B. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif. Bumi Aksara: Jakarta.

Wahab, Abdul Azis. 2009. Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Alam. Alfabeta: Bandung
Published
2018-03-29