PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KPK DAN FPB DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DAKON PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 JANGKA KABUPATEN BIREUEN

  • Marzuki Marzuki Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Abstract

Setelah siswa belajar masih terdapat kendala dalam menentukan  KPK dan FPB yang melatar belakangi penelitian ini.Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasilbelajar materi KPK dan FPB  melalui metode demontrasi penerapan media dakon pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Jangka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Jangka Kabupaten Bireuen semester ganjil Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 20 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes awal, tes akhir tindakan, observasi, wawancara dan catatan lapangan, kemudian data dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif.Pembelajaran KPK dan FPB dengan menggunakan media dakon dapat meningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Jangka Kabupaten Bireuen. Penerapan media dakon dapat meningkatkan keaktifan kegiatan belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Jangka Kabupaten Bireuen.

Kata Kunci     : Media Dakon, Prestasi Belajar, KPK dan FPB

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Bandung.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Nugroho, Purna Bayu. 2015. Pengaruh Permainan Dakon terhadap KemampuanBerhitung Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Karang Raja Tahun Pelajaran2014/2015. Jurnal Eksponen. Vol. 4 No. 1.

Maidiyah.Erni.Usman & KK. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurusan Pendmat FKIP Unsyiah: Darussalam

Moleong, Lexy. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosda: Bandung

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta

Sumiati. 2007. Metode Pembelajaran. Wacana Prima: Bandung
Published
2018-03-29