PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PjBL DALAM MENDUKUNG KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 HALMAHERA BARAT
Abstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menegetahui pengaruh model Project Based Learning dalam mendukung keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 3 Halmahera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Penelitian eksperimen bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran STAD, NHT dan STAD dipadu NHT terhadap sikap sosial, kemampuan berpikir kritis keterampilan metakognisi dan retensi siswa multietnis SMP di Kota Ternate. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negrri 3 Halmahera Barat yang terdiri dari 2 kelas. Hasil penelitian diperoleh nilai Fhitung 113,484 dengan nilai signifikansi 0,000, karena nilai signifikansi lebih kecil dari nilai a (0,05) maka Ho ditolak. Penolakan Ho berarti hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa model pembelajaran PjBL berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci : Model Pembelajaran PjBL; Keterampilan Berpikir Kritis