PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT INDRA MANUSIA DI KELAS IV SDN 2 KUTABLANG

Authors

  • Faizah M Nur Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Almuslim-Bireuen
  • Megawati Megawati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Almuslim-Bireuen

Abstract

Pendidikan juga sebagai alat untuk memajukan peradaban. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan nasional seiring dengan kemajuan zaman, pembaharuan Sistem Pendidikan Nasional dilakukan demi mewujudkan visi, misi dan tujuan pendidikan nasional. Ditemukan permasalahan yang teradi di SDN 2 kutablang, maka dapat dirumuskan suatu masalah yaitu Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa, aktifitas guru dan siswa, dan respon siswa kelas IV SD  Negeri 2 kutablang melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi Mengenal alat indra manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(PTK). Data yang diambil yaitu data hasil belajar dilakukan dengan teknik tes yaitu tes siklus, kemudian data aktivitas diambil melalui lembar observasi, baik untuk aktivitas guru dan siswa. Data respons diambil dengan angket. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Begitu juga dengan hasil observasi kegiatan siswa dan guru.

 

Kata kunci: Hasil belajar, CTL

References

Eko. 2007. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta. Bumi Aksara

Haryanto 2006. Sains untuk SD Kelas IV. Jakarta : Erlangga.

Moleong,Lexy j.2009.Metode Penelitian Kualitatif.Bandung: RemajamRosda Karya

Prayitno,2008. Penelitian Tindakan Kelas.Bandung:(online) http;//ilammaaolani.com. diakses 14/07/2011

Putra,2013. Model pembelajaran modernt.jakatra:(online) http;//ilammaaolani. Blagspot.com. diakses 11/07/2013

Rusman 2012. 56 Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sudjana, 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:(online) http;//ilammaolani. blagspot.com. diakses 12 /07/2008

Suprijono,Agus (2009).Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Trianto 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.

Trianto 2009. Mendesain model pembelajaran inivatif. Jakarta : Kencana, Prenada Media Group.

Usman, 2008. Penelitian tindakan kelas. Darussalam: Universitas syiah kuala.

Published

2017-05-01