UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNINGTIPE STAD PADA MATERI VIRUS DI SMAN 1 MEREUBO KABUPATEN ACEH BARAT

Penulis

  • Nurlaili Nurlaili Prodi Pendidikan Biologi STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Abstrak

Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD Pada Materi Virus Di SMAN 1 Mereubo Kabupaten Aceh Baratâ€. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X pada materi virus di SMAN 1 Pante Ceuremen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 Pante Ceuremen yang berjumlah 21 siswa, terdiri dari 10 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Sebelum dilaksakanan perbaikan pembelajaran diketahui bahwa hasil belajar biologi siswa masih rendah dengan ketuntasan belajar siswa hanya sebesar 28,57% dan nilai rata-rata 58,09. Hasil penelitian setelah pelaksanaan perbaikan pembelajaran dengan penerapan pendekatan cooperative learning tipe STAD diketahui bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dan ketuntasan belajar siswa pada siklus I meningkat menjadi 61,90% dengan nilai rata-rata 65,47. Pada siklus II diketahui bahwa ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 80,95% dengan nilai rata-rata 75,47. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Mereubo Kabupaten Aceh Barat. Kata Kunci : Hasil Belajar Biologi, Cooperative Learning, STAD, Virus.

Referensi

Amri, S dan Ahmadi, I. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurraahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning Evektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning. Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution. 2006. Ketercapaian Prestasi Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nur. 2000. Pembelajaran Koopertif. Jakarta: Rineka Cipta.

Purnama, Edy S. 2009. Optimalisasi Prestasi Belajar Biologi Melalui Pembelajaran Dengan Menggunakan Media CD Interaktif (Multimedia) SMP Negeri 1 Sruweng Kabupaten Kebumen. Vol. 2 No.1 Jakarta.

Purwanto, N. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Bandung: JICA FPMIPA UPI.

Solihatin, E dan Raharjo. 2005. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-11-01