PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA NEGERI 1 KUTABLANG

Authors

  • M. Rezeki Muamar Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim
  • Aklima .

Abstract

Penelitian ini tentang “ Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Virus Kelas X SMA Negeri 1 Kutablang”  pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Virus Kelas X SMA Negeri 1 Kutablang. Polpulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kutablang yang berjumlah 73 siswa, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XIPA2  yang berjumlah 24 siswa dan kelas XIPA3 yang berjumlah 19 siswa. Data diperoleh dengan memberikan tes kepada siswa yang terdiri dari pre-test (tes awal) dan post-test (tes akhir) yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengujian Normalitas kelas eksperimen diperoleh χ2hitung = 5,33 dan kelas kontrol χ2hitung =10,35 sedangkan χtabel =11,07 berarti χhitung < χtabel maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebarannya mengikuti distribusi normal. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian Homogenitas diperoleh Fhitung = 2,07 sedangkan Ftabel = 2,15 berarti Fhitung<Ftabel maka varians kedua kelas adalah homogen. Untuk analisis digunakan rumus Uji-t. Hasil analisis diperoleh t hitung=4,92 dan t tabel = 1,68 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 41 berarti harga t hitung>t tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Virus Kelas X SMA Negeri 1 Kutablang.

 

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe Listening Team, Hasil  belajar.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.

Aunurrahman. 2011. Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Campbell, N. 2000. Biologi Edisi kelima. JILID III. Penerbit Erlangga. PT. Remaja Rosdakrya.

Danim, S. 2010. Pengantar Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Irianto, K. 2007. Mikrobiologi. Bandung: CV.Yrama Widya.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Muldjono, J. 2006. Meningkatkan Hasil Belajar. (Online), (http://google.com). Diakses 12 April 2014.

Panen, P. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Riduwan. 2008. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan . Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata,Nana, Syaodih. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung:PT. Remaja Rosdakrya.

Supridjono, A. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakrya.

Tritanto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Media Group.

Published

2016-01-14