PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS BIOLOGI SISWA PADA TOPIK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 MUTIARA PIDIE
Abstract
Penggunaan strategi pembelajaran yang tepat merupakan salah satu cara yang tepat dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa di sekolah. Strategi pembelajaran inkuiri merupakan salah satu strategi pembelajaran yang melibatkan siswa pada saat pembelajaran berlangsung, selain membuat siswa menjadi aktif dalam melakukan setiap keterampilan pada saat belajar, strategi ini juga mengajak siswa untuk menyelesaikan sendiri setiap permasalahan yang diberikan oleh guru. Dengan menemukan sendiri setiap permasalahan menjadikan informasi yang didapatkan siswa lebih lama tersimpan di memori siswa, sehingga menjadikan pembelajaran lebih bermakna. Selain penggunaan strategi yang tepat, kepercayaan diri seseorang juga sangat menentukan prestasi belajar. Tingginya kepercayaan diri seseorang akan lebih mudah dalam menemukan jati diri dan menggapai sesuatu yang diharapkan, begitu juga sebaliknya dengan seseorang yang memiliki rasa percaya diri yang rendah menjadikan suatu penghalang dalam menggapai impian.
Kata kunci : Inkuiri Terbimbing, Inkuiri Bebas Termodifikasi, Percaya Diri, Keterampilan Proses SainsReferences
Abdelraheem. A., dan Askin. A. 2006 The Effectiveness of Inquiry-Based Technology Enchaced Collaborative Learning Envirotment. International Journal of Technology in Teaching and Learning. Vol.2 No 65.
Akinoglu, O. 2008. Assessment of The Inquiry- Based Project Implementation process in Science Education Upon Student’s Points Views. International Journal of Instruction. Vol. 1, No. 1. Marmara University.
Amien. M. 1987. Mengajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Menggunakan Metode “Discovery dan Inquiry”. Jakarta. Depdikbud. Dirjen Dikti P2LPTK.
Arikunto, 2003. Prodsedur Penelitian, suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Brickman, P., Cara, G., Norris, A, dan Brittan. H. 2009. Effect of Inquiry-Based Learning on Student’s Literacy Skills and Confidence. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning. Vol.3. No. 2. Georgia Southern University.
Depdiknas. 2007. Garis-garis Besar Program Pengajaran (GBPP). Jakarta. Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran: Rineka Cipta. Jakarta
Gormally, C., dan Brittan, H. 2008. Science Literacy and Self-Confidence in Doing Biology: Inquiry Versus Traditional Labs. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning. Vol. 2. No. 5. Departement of Plant Biology. Georgia Southern University.
Hakim. 2002. Mengatasi Rasa Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Hartono, B. 1994. Melatih Anak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Herprawati. 2006. Hubungan Antara Penerimaan Kelompok Teman Sebaya dengan Kepercayaan Diri Remaja Siswa Kelas XI IPS SMAN 5 bekasi. Tesis. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam As-Syafi’iyah.
Herron, M.D. (1971). The nature of scientific enquiry. School Review, 79(2), 171-212. (Online article). (http://edweb.sdsu.edu/-wip/four_levels.htm.htm) (diakses tanggal 8Juni 2012).
Istiana. 2009. Pengaruh Metode Pemberian Tugas dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Psikologi Pendidikan Fakultas Psikologi UMA. Tesis. Medan PPS-UNIMED.
Kuhlthau & Todd. 2007. Guided Inquiry: A framework for learning through school librariesin 21st century schools. New Jersey: CISSL. (Online). (http://cissl.- scils.rutgers.edu/guided inquiry/introduction.-html.htm, diakses tanggal 8Juni 2012).
Paidi. 2009. Peningkatan Scientific Skill Siswa Melalui Implementasi Metode Guided inquiry Pada pembelajaran Biologi Di SMAN 1 Sleman. Jurnal Penelitian FMIPA. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta
Piaget. J. 1997. Physichology and Epistemology. Newjersey: The Viking Press.
Rahayu, E. H., Susanto, dan D, Yulianti. 2011. Pembelajaran Sains Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia. Jurusan Biologi. Fakultas MIPA. Universitas Negeri Semarang. Semarrang.
Rustamam, N. Y. 2005. Perkembangan Penelitian Pembelajaran Berbasis Inkuiri Dalam pendidikan Sains. Makalah Seminar Nasional II. FPMIPA. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Sanjaya, 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Penerbit Kencana Predana Media Group.
Semiawan. C. 1992. Pendekatan Ketrampilan Proses. Jakarta. Gramedia.
Surya. M 2007. Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol.3. No. 46.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Penerbit Prestasi Pustaka