PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PENGKLASIFIKASIAN FILUM ARTHROPODA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dalam materi pengklasifikasian filum Arthropoda yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang dilakukan pada kelas VII SMA Negeri 1 Nisam. Pengambilan sample dilakukan secara random sampling. Hasil uji statistic keterampilan proses sains diperoleh t-hitung 18.04 dengan nilai t-tabel 1.65. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat peningkatan keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction).
Kata kunci: model pembelajaran langsung (direct instruction), keterampilan proses sains, filum Artropoda
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi VI. Jakarta; Rineka Cipta.
Bryce, T.G.K. McCall, J., MacGregor, J., Robertson, I.J., dan Weston, R.A.J. (1990). Techniques for assessing process skills in practical science: Teacher’s guide. HeinemannEducational Books; Oxford.
Joyce, Bruce. Marsha. & Showers, Bweverly. (1996). Models Of Teaching. Fifth Edition. Boston; Allyn and Bacon.
Rezba, R.J., Sparague, C.S., Fiel, R.L., Funk, H.J., Okey, J.R., & Jaus, H.H. (1995). Learning and Assessing Science Process Skills. 3rd ed. Iowa: Kendall/Hunt Publishing Company.Towle, A. 1989. Modern biology. Austin; Holt, Rinehart and Winston.
Rusyana, A. (2011). Zoologi Invertebrata (Teori dan Praktik). Bandung; Alfabeta.
Storer, Tracy, I, & Usinger, Robert, L. (2002). Dasar-dasar Zoologi. Tangerang; Binarupa aksara publisher.
Sudrajat, Akhmad. (2011). Model Pembelajaran Langsung. Tersedia di: http:/akhmad sudrajat.wordpres.com/2011/01/27/model.pembelajran-langsung/. Diakses pada tanggal 14 Januari 2013.
Towle, A. (1989). Modern Biology. Austin; Holt, Rinehart and Wiston.