BIOLOGI INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMA NEGERI 1 PEUSANGAN PADA MATERI JARINGAN HEWAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada materi jaringan hewan dengan pembelajaran biologi inquiry di kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, mulai dari plan, action, observation, dan reflection. Sumber data dalam penelitian ini siswa kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 25 orang siswa. Berdasarkan hasil literasi sains siswa pada siklus 1 tindakan 1 mencapai 28% pada kriteria sedang dan rendah, 16% siswa berada pada kriteria sangat rendah dan hanya 12% berada pada kriteria sangat tinggi. Selanjutnya pada siklus 1 tindakan 2 hanya terjadi peningkatan belum signifikan, sehingga dilanjutkan pada siklus kedua. Pada siklus ini telah terjadi peningkatan literasi sains masing-masing mencapai 28% dan 40% pada siklus 2 tindakan 1 dan tindakan 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan literasi sains untuk masing-masing indikator dengan penerapan pembelajaran biologi inquiry pada materi jaringan hewan di kelas XI IPA SMA Negeri I Peusangan.
Kata kunci : Inquiry, Literasi sains, Jaringan hewan.