MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS ALMUSLIM PADA MATA KULIAH MORFOLOGI TUMBUHAN MELALUI PEMANFAATAN PETA KONSEP SECARA DARING

Authors

  • Rahmawati Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandemik Corona Virus Disease (Covid-19) yang melanda seluruh dunia termasuk Negara Indonesia pada awal tahun 2020, sebagai tindakan pencegahan penyebaran  Covid-19 Rektor Universitas Almuslim berdasarkan surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan serta surat keputusan Gubernur Aceh maka mulai pertengahan Maret 2020 sampai dengan 29 Mei 2020 perkuliahan dilaksanakan secara online/daring. Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Almuslim pada mata kuliah morfologi tumbuhan melalui pemanfaatan peta konsep secara daring. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II siklus yang terdiri atas 4 tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, serta dilaksanakan pada semester Genap Tahun Akademik 2019/2020. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar, aktivitas  mahasiswa dan catatan lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Semester II Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Almuslim pada tahun akademik 2019/2020 yang berjumlah 4 orang. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas maupun hasil belajar  mahasiswa pada siklus I dengan persentase 50% meningkat menjadi 100 % pada siklus II, dengan peningkatan sebesar 50%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Almuslim pada mata kuliah morfologi tumbuhan melalui pemanfaatan peta konsep secara daring.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Morfologi Tumbuhan, Peta Konsep, Daring.

Published

2020-05-01