STUDENTS CENTRE LEARNING (SCL) BERBASIS E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH DASAR BIOTEKNOLOGI
Abstract
Pembelajaran berpusat pada mahasiswa (students centre learning) yang dilakukan oleh dosen selama ini hanya untuk mengingkatkan kemampuan kognitif atau hasil belajar mahasiswa saja. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kreativitas belajar mahasiswa melau metide SCL berbasis e-learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada Mata Kuliah Dasar Bioteknologi di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim. Penelitian dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2019/2020 dengan data yang digunakan berupa data kreatifitas mahasiswa yang diukur dengan instrumen lembar observasi kreatifitas mahasiswa dan hasil belajar mahasiswa yang diukur menggunakan tes akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan kreatifitas mahasiswa dari 46.25% pada siklus I menjadi 87.90% pada siklus II. Selain itu, peningkatan juga terjadi pada hasil belajar mahasiswa dengan nilai rata-rata mahasiswa pada siklus I sebesar 74.76 menjadi 80.56. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Students Centre Learning (SCL) berbasis elearning dapat meningkatkan kreatifitas mahasiswa sebesar 42.64%. berbanding lurus dengan persentase kreatifitas mahasiswa, hasil belajar mahasiswa juga menunjukkan peningkatan sebesar 5.8.
Kata Kunci : Students Centre Learning (SCL), elearning, Kreatifitas, Dasar Bioteknologi