PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DI KELAS IV SD NEGERI 2 BANDA SAKTI
Abstract
Latar belakang penelitian ini dilakukan karena didasari pada permasalahan yang terjadi pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Banda Sakti yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction (DI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data dikumpulkan dengan teknik tes, observasi dan angket. Hasil belajar siswa pada siklus I menjadi 38%, sedangkan pada siklus II meningkat lagi menjadi 93% siswa yang tuntas, sedangkan kriteria keberhasilan pembelajaran sudah tercapai. Selanjutnya ditinjau dari segi proses pembelajaran peningkatan aktivitas belajar terlihat dari hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa pada siklus I dengan rata-rata presentase aktivitas guru yaitu 85% dan aktivitas siswa 86%. Pada siklus II rata-rata presentase aktivitas guru mencapai 94% dan aktivitas siswa adalah 95%. Respon siswa terhadap pembelajaran sudah cukup baik, dimana yang menyatakan senang sebesar 90% dan yang menyatakan tidak senang sebesar 10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Direct Instruction (DI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa serta sudah berlangsung dengan baik serta mendapatkan respon yang baik dari siswa.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan, Model Direct Instruction (DI)