UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA 2 MATERI DAUR HIDUP HEWAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SDN 16 JULI

Authors

  • Leni Marlina Prodi PGSD Universitas Almuslim
  • Faizah M Nur
  • Maulidasari Prodi PGSD Universitas Almuslim

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada guru dan siswa kelas IV  SD Negeri 16 Juli masih rendahnya aktifitas yang dilakukan siswa selama pelaksanaan pembelajaran, rendahnya respon siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Serta masih rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mangatasi dan memperbaiki permasalahan di atas pada materi Daur Hidup Hewan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 16 Juli yang berjumlah 30 orang siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan  adalah  Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Inkuiri  dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu pada siklus I sebesar 77% dan meningkat pada siklus II sebesar 90%, aktivitas guru pada siklus I sebesar 81% dan meningkat pada Siklus II dengan presentase 87%. Sedangkan hasil pada kegiatan aktivitas  siswa siklus I presentase 73%, dan meningkat di siklus II dengan persentase 82%. Maka taraf keberhasilan aktivitas guru dan siswa sudah tuntas bedasarkan observasi kedua pengamat termasuk katagori Baik. Respon siswa menunjukkan bahwa siswa SD Negeri 16 Juli memberi respon positif terhadap penerapan model pembelajaran Inkuiri dengan persentse 86% berada pada katagori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri  16 Juli pada materi Daur Hidup Hewan.

 

Kata Kunci : Model Inkuiri, Materi Daur Hidup Hewan, Hasil Belajar

Published

2020-05-01