UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATERI MEMELIHARA LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN DI KELAS III SD NEGERI 27 PEUSANGAN
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya pada materi Memelihara Lingkungan Alam dan Buatan masih sangat rendah, rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, guru tidak menggunakan media pembelajaran, dan pengelolaan kelas kurang maksimal. Untuk mengatasi permasalahan di atas, penulis ingin menerapkan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 27 Peusangan dengan menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan mengetahui peningkatan guru dan siswa dengan menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) di kelas III SD Negeri 27 Peusangan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 27 Peusangan tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 12 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan Pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi memelihara lingkungan alam dan buatan di kelas III SD Negeri 27 Peusangan. Aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran sudah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dan siswa dalam kelompok terlihat sangat aktif dalam kelompok. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa siswa sangat senang dan bersemangat mengikuti pembelajaran dnegan menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD).
Kata kunci: Hasil Belajar, Student Teams Achievement Division (STAD).