PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI MAN 5 BIREUEN
Abstract
Penelitian tentang pengaruh penerapan model discovery learning berbasis media lingkungan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati kelas X MAN 5 Bireuen telah dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning berbasis media lingkungan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati kelas X MAN 5 Bireuen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian adalah control group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 5 Bireuen yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling, dimana siswa kelas X IPA 1 dengan jumlah siswa 17 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas X IPA 2 dengan jumlah siswa 20 siswa sebagai kelompok kontrol. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis media lingkungan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada materi keanekaragaman hayati di MAN 5 Bireuen. Hal tersebut dilihat dari perolehan > yaitu 6.844>1.689 pada α = 0.05 berarti hipotesis H1 diterima.
Kata Kunci : discovery learning, media, lingkungan, kemampuan, berpikir kritis.