UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH IDEAL DI KELAS III SD NEGERI 13 BIREUEN

Penulis

  • Gusti Gunawan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Almuslim

Abstrak

Rendah hasil belajar siswa karena siswa yang hasil belajarnya masih rendah, masih banyak siswa yang kurang memahami suatu materi pembelajaran. Penelitian bertujuan mengetahui 1) peningkatan hasil belajar, 2) aktivitas guru dan siswa, 3) respon siswa melalui penggunaan strategi pemecahan masalah Ideal pada materi perubahan wujud benda di SD Negeri 13 Bireuen. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 13 Bireuen berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data tes, lembar aktivitas dan angket. Teknik analisis data melalui tes hasil belajar, tes observasi dan tes respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Pemecahan Masalah Ideal yang dilakukan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda dan sistem koordinat. Hasil tes siklus I sebesar 73,68% meningkat pada siklus II menjadi 89,47% sehingga peningkatkan sebesar 15,79%.  Strategi Pemecahan Masalah Ideal dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Hasil obsrevasi dua orang pengamat menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I sebesar 82,38% meningkat pada siklus II menjadi 92,38%. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 80,48% menjadi 91,91% pada siklus II. Respon siswa terhadap strategi pemecahan masalah Ideal positif, siswa menyatakan senang belajar materi perubahan wujud benda dengan Strategi pemecahan masalah Ideal, karena siswa lebih mudah memahami materi perubahan wujud benda dengan strategi pemecahan masalah ideal dan siswa juga mau jika materi lain diajarkan dengan pembelajaran strategi pemecahan masalah Ideal. 

 

Kata Kunci: Hasil belajar, strategi pemecahan masalah Ideal, perubahan wujud benda

Diterbitkan

2021-05-01