PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN HEWAN DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PEUSANGAN SELATAN

Penulis

  • Erna Yuspita Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Almuslim
  • M. Rezeki Muammar

Abstrak

Penelitian dilatarbelakangi oleh siswa belum mampu menelaah hasil penemuan secara konkrit, sehingga pengetahuan pada jaringan hewan masih dikategorikan rendah. Penelitian bertujuan mengetahui penerapkan model pembelajaran Inkuiri terhadap sikap berpikir ilmiah siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan hewan di Kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan Selatan. Penerapan model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan hewan di Kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen Populasi yaitu kelas XI1, XI2 yang berjumlah 40 siswa dan sampel kelas XI1 dengan jumlah 20 siswa dan kelas XI2 dengan jumlah 20 siswa. Instrumen pengumpulan datanya berupa hasil tes awal (pre-tes) dan hasil tes akhir (post-tes). Teknik analisis data pengunjian hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung> ttabel, thitung= 2.192 dan ttabel= 1,683 yaitu 2.192 > 1,683 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima. Hal ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap sikap ilmiah siswa pada materi struktur dan fungi jaringan hewan di kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung> ttabel, thitung= 2.181 dan ttabel= 1,683 yaitu 2.181 > 1,683 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H2) diterima. Hal ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungi jaringan hewan di kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan Selatan.

Diterbitkan

2021-12-28