PENERAPAN METODE MENCARI PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI VIRUS PADA SISWA KELAS X IPA-1 SMA NEGERI 5 LANGSA PADA MASA NEW NORMAL

Authors

  • Erna Zanti
  • M. Danil

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi peserta didik kelas X IPA-1 SMA Negeri 5 Langsa Tahun Pelajaran 2020/2021 melalui penggunaan metode permainan mencari pasangan pada materi Virus. Penelitian ini  merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan  metode permainan mencari pasangan yang dilaksanakan pada September sampai dengan November. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam 2 (dua) siklus, dengan 4 kali pertemuan. Alat pengumpulan data dilakukan dengan tes evaluasi dan lembar observasi tentang aktifitas peserta didik pada saat  penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penggunaan  metode permainan mencari pasangan  pada pembelajaran Biologi terutama pada materi Virus  memiliki peran yang sangat penting, hal ini terkait dengan karakteristik materi virus yang selama ini bersifat hafalan menjadi materi yang menyenangkan jika dipelajari sambil bermain; (2) penggunaan metode permainan mencari pasangan mampu meningkatkan  keaktifan peserta didik dalam belajar, peranan guru yang selama ini dominan di dalam kelas dapat dikurangi. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian bahwa aktivitas peserta didik yang terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran sebelum dan setelah menggunakan media gambar meningkat dari  siklus I  (49,31%) dan pada siklus II (81,19%); (3) pada saat pembelajaran Biologi  menggunakan metode permainan mencari pasangan  peserta didik menjadi  lebih semangat dalam pembelajaran  dan pembelajaran menjadi kegiatan yang menyenangkan sehingga berdampak pada meningkatnya hasil belajar  peserta didik.  Hal ini ditandai dengan  peningkatan  rata-rata  hasil belajar peserta didik pada kondisi awal  adalah 58,47 menjadi  60,5 pada siklus I dan 79,11 pada siklus II; (4) peningkatan hasil belajar sejarah juga dapat dilihat dari   jumlah peserta didik yang tuntas  pada kondisi awal sebeanyak 7 peserta didik  (21,875%)  menjadi 16 orang (56,25 %) pada siklus I  hasil ini belum mencapai indikator ketercapaian yang ditentukan peneliti sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada akhir siklus II menjadi 26 (81,25%).

Author Biographies

Erna Zanti

SMA Negeri 5 Langsa

M. Danil

Universitas Almuslim Bireuen Aceh

Published

2022-04-08