MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS XI DENGAN MENGGUNAKAN CLT ROLE PLAY DI SMK NEGERI 3 LANGSA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas XI dengan menggunakan CLT Role Play di SMK Negeri 3 Langsa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan kelas adalah sebuah penelitian dalam pengumpulan data yang melibatkan sebuah kejelasan pengulangan prosedur siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 3 Langsa. Subjek penelitian ini adalah siswa dari XI Produktif Tata Busana yang terdiri dari 33 siswa. Alasan untuk memilih kelas ini adalah karena peneliti menemukan masalah pada kemampuan berbicara siswa. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diambil dari skor kinerja. Data kualitatif diambil dari lembar observasi dan catatan harian untuk menggambarkan peningkatan prestasi berbicara siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh kemampuan berbicara siswa kelas XI dengan menggunakan CLT Role Play di SMK Negeri 3 Langsa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat nilai rata-rata sebelum penelitian adalah 59; nilai rata-rata pada siklus 1 adalah 63; nilai rata-rata pada siklus ke 2 adalah 67 dan nilai rata-rata pada siklus ke 3 adalah 72. Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa terdapat kemampuan berbicara siswa kelas XI dengan menggunakan CLT Role Play di SMK Negeri 3 Langsa.