UPAYA MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTU MEDIA ANIMASI PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN KELAS XI SMAN 1 PEUSANGAN SIBLAH KRUENG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan literasi sains aktivitas guru dan siswa serta respon siswa melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantu Media Animasi Pada Materi Jaringan Tumbuhan Kelas XI SMAN 1 Peusangan Siblah Krueng. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMAN 1 Peusangan Siblah Krueng yang berjumlah 19 siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan literasi sains siswa hasil tes akhir siklus I diperoleh 53% dan tes akhir siklus II diperoleh 95%. Aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar mencerminkan keterlaksanaan model pembelajaraan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan baik pada materi jaringan tumbuhan di SMAN 1 Peusangan Siblah Krueng. Respon siswa terhadap Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi jaringan tumbuhan banyak siswa yang sangat baik.