PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA NEGERI 2 PEUSANGAN
Abstract
Penelitian yang berjudul Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Peusangan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap hasil belajar dan kemampuan literasi sains siswa pada materi keanekaragaman hayati pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Peusangan. Pendekatan dan jenis penelitian ini termasuk pendekatan deskriptif sederhana dan jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest posttest control group design. Hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap hasil belajar siswa dan kemampuan literasi sains siswa pada materi keanekaragaman hayati pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Peusangan. Secara lebih khusus dapat diambil suatu kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan literasi sains siswa pada materi keanekaragaman hayati pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Peusangan.