UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY AND KINESTHETIC (VAK) BERBANTUAN MEDIA VISUAL PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DI KELAS IV SD NEGERI 4 GANDAPURA

Penulis

  • Faizah M. Nur Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Almuslim
  • Ouja Saputra

Abstrak

Penelitian ini didasari oleh  adanya permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar IPA dan kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran di SD Negeri 4 Gandapura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa menggunakan model pembelajaran Visual Auditory and Kinesthetic (VAK) berbantuan media visual pada materi perubahan wujud benda Di kelas IV SD Negeri 4 Gandapura. Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Gandapura yang berjumlah 15 siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu soal tes, lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud bendatergolong dalam kategori baik pada siklus I persentase sebesar 47% dan yang tidak tuntas sebesar 53% sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan sebesar 87% dan hasil yang tidak tuntas sebesar 13% peningkatan terjadi sebesar 40%. Aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran materi perubahan wujud benda kooperatif TipeVisual Auditory and Kinesthetic (VAK) dapat dikatakan berjalan dengan lancar. Ini terlihat dari hasil observasi aktivitas guru siklus I dengan persentase 69% dan siklus II dengan persentase 84%. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan persentase 69,3% dan siklus II dengan persentase 84%.  Renspon siswa pada materi perubahan wujud benda dengan menggunakan model pembelajaran Visual Auditory and Kinesthetic (VAK) secara keseluruhan bahwa siswa menyukai proses pembelajaran, dan siswa mau pembelajaran dilaksanakan pada materi-materi lain dengan menggunakan model pembelajaran Visual Auditory and Kinesthetic (VAK).

Kata Kunci: Visual Auditory and Kinesthetic, Perubahan Wujud Benda, Hasil Belajar

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-11-29