PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI SMA NEGERI 1 PEUSANGAN SELATAN
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Adanya Pengaruh Pembelajaran Biologi Dengan Menerapkan
Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Sistem Pernapasan
Di SMA Negeri 1 Peusangan Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuatitatif. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi adalah keseluruhan subjek, Populasi
yang di gunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas Xl SMA Negeri 1 Peusangan Selatan
yang berjumlah 2 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah placementes yang berjumlah 21
soal dari hasil tersebut terlihat yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas Xl IPA 1 berjumlah 21 siswa, yang
menjadi kelas kontrol adalah kelas Xl IPA 2 berjumlah 25 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pretest dan posstest yang diberikan pada dua kelas. Data diperoleh
dianalisis menggunakan software IBM SPSS 23, dengan analisis varian (ANOVA), diperoleh nilai a 0,000 >
0,05. Nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif terkoreksi pada kelas eksperimen sebesar 82,04% sedangkan
pada kelas kontrol sebesar 70,28%. Hasil penelitian ini menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran
Direct Instruction kemampuan berpikir kreatif pada siswa.
Kata Kunci: Direct Instruction, Berpikir Kreatif