PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORATIF SISWA DI SMA NEGERI 2 PEUSANGAN
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan suatu proses pengubahan sikap dan tingkah laku seseorang dalam usaha mendewasakan
manusia melalui pengajaran atau pelatihan untuk menimbulkan hasil yang diinginkan sesuai dengan tujuan yang
ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Discovery Learning terhadap
keterampilan kolaboratif siswa di SMA Negeri 2 Peusangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini
adalah kelas XI- IPA4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IPA5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan
data adalah silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Angket
Mengukur Kolaboratif Siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, mengenai pembelajaran biologi
dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning terhadap keterampilan kolaboratif siswa pada
materi sel di SMA Negeri 2 Peusangan diketahui bahwa hasil analisi angket keterampilan kolaboratif siswa pada
kedua kelas tersebut yaitu dengan menggunakan model Discovery Learning memperoleh nilai rata-rata sebesar
80,67, sedangkan kelas dengan pola pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata -rata 67,46. Berdasarkan
hasil analisis hipotesis bahwa Model Pembelajaran Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap
keterampilan kolaboratif siswa pada sel di SMA Negeri 2 Peusangan. Model Discovery Learning dapat
meningkatkan keterampilan kolaboratif siswa sebesar 19,57% dari pembelajaran konvensional. Pendidikan
bergantung pada kehadiran guru sebagai elemen krusial.
Kata Kunci: Discovery Learning, Keterampilan Kolaboratif