PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI BANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri terbimbing di
bantu media audio visual terhadap Kemampuan berpikir kritis dan minat belajar pada materi Keanekaragaman
hayati dikelas X SMA Negeri 1 Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian
yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian non equivalent control group design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah
keseluruhan 45 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling atau pengambilan
sampel berdasarkan alas an pertimbangan tertentu, dimana kelas X IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X
IPA 4 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
instrument tes Kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa yang diberikan sebelum dan sesudah adanya
perlakuan pembelajaran terhadap kedua kelas. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan software SPSS versi
23 dengan analisis kovarian (ANAKOVA), diperoleh nilai a sebesar 0,000 ˂ 0,05. Nilai rata-rata Kemampuan
berpikir kritis terkoreksi pada kelas eksperimen sebesar 81,813sedangkan pada kelas control sebesar 69,105
kemudian nilai rata-rata data hasil minat belajar siswa terkoreksi pada kelas eksperimen sebesar 80,31 hipotesis
penelitian ini ada pengaruh penerapan model pembelajaran sedangkan pada kelas kontrol sebesar 73,94. Hal ini
menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sesua ipernyataan diatas maka dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri terbimbing dibantu media audio visual terhadap Kemampuan
berpikir kritis dan minat belajar pada materi keanekaragaman hayati dikelas X SMA Negeri 1 Bireuen
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing Media Audio Visual, Kemampuan Berpikir Kritis, Minat Belajar Siswa