PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI PENDEKATAN OUTDOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMAN 1 KUTA BLANG PADA MATERI PLANTAE
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara langsung dengan guru mata pembelajaran biologi di SMAN 1 Kuta Blang, masih
banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi plantae sehingga mengakibatkan hasil belajar
yang menurun. Oleh karena itu, peneliti melakukan sebuah penelitian dengan judul “Penerapan model
pembelajaran contextual teaching and learning melalui pendekatan outdor learning terhadap kemampuan hasil
belajar kognitif siswa SMAN 1 Kuta Blang Pada materi plantae”. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat
pengaruh penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kemampuan hasil belajar
kognitif siswa lebih baik dibandingkan menggunakan pembelajaran konvensional di SMAN 1 Kuta Blang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pretest posttes control group design. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas X IPAS SMAN 1 Kuta Blang. Pengambilan data dalam penelitian dari kelas X 1 IPAS
sebagai kelas eksperimen yang jumlah siswa 17 orang dan kelas X 2 IPAS sebagai kelas kontrol yang berjumlah
15 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yang berupa tes dengan bentuk soal pilihan ganda
yang terdiri dari tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Berdasarkan analisis data yangtelah dilakukan,
pengaruh penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning melalui pendekatan outdor learning
terhadap kemampuan hasil belajar kognitif siswa pada materi plantae lebih baik dari kemampuan hasil belajar
kognitif siswa melalui pembelajaran konvensional di SMAN 1 Kuta Blang.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning, Outdor Learning, Hasil Belajar Kognitif
Siswa, Materi Plantae.