IMPLEMENTASI STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK KOLABORATIF DAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 HALMAHERA BARAT
Abstrak
ABSTRAK
Pembelajaran dari teacher centered ke student centered adalah upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dan rendahnya kemampuan kolaboratif serta berpikir reflektif adalah proses pembelajaran yang jarang dibiasakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan model pembelajaran STAD dalam meningkatkan keterampilan kolaboratif dan berpikir reflektif; Penelitian ini dilaksanakan dengan desain eksperimen pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Halmahera Barat. Sampel Penelitian dipilih dengan teknik non-probability (Purposive) dan pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan soal tes berpikir reflektif dengan teknik analisis data secara statistic. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Model STAD efektif dalam meningkatkan Kemampuan kolaborasi siswa yang ditunjukan dengan perolehan skor kelas eksperimen 0.30 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 0.07 dengan kategori rendah pada perhitungan n-gain; (2) Model STAD efektif dalam meningkatkan Kemampuan berpikir reflektif siswa yang ditunjukan dengan perolehan skor kelas eksperimen sebesar 0.57 yang ebih tinggi dari kelas kontrol 0.38. Penggunaan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan kolaborasi dan berpikir reflektif siswa.
Kata Kunci: Berpikir Reflektif, Efektivitas STAD, Keterampilan Kolaboratif, Model STAD