UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS Xl MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DIPADU MEDIA GAMBAR PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DI SMA NEGERI 1 GANDAPURA

Penulis

  • Rahmawati Rahmawati Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim
  • Yulia Maulida

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa kelas XI melalui pendekatan kooperatif tipe Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan media gambar materi sistem gerak manusia di SMA Negeri 1 Gandapura. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II siklus yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, serta dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar, aktivitas guru, aktivitas  siswa dan respon siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI2 yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian  siswa pada siklus I dengan persentase 37,5% meningkat menjadi 91,7 % pada siklus II, dengan peningkatan sebesar 54,2%. Hasil observasi guru meningkat sebesar 15% dari 77,5% pada siklus I menjadi 92,5% pada siklus II, sedangkan aktivitas siswa meningkat sebesar 19,9% dari 66,3% menjadi 67,5% pada siklus II. Berdasarkan respon yang diberikan kepada 24 siswa menunjukkan bahwa rata-rata siswa mendapat persentase 83,6% masuk dalam kategori baik, maka dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan kooperatif tipe Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan media gambar materi sistem gerak manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan aktivitas siswa serta respon siswa terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Pendekatan, Contextual Teaching and Learning, Media Gambar.

Referensi

A Giyanto, A.R. dan Iskandar. 2013 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Kuliah Diklat Las Kelas X TMP SMK Taman Siswa Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol.02. No.01.

Hamalik, O. 2008. Metode Mengajar dan Kesulitan-Kesulitannya. Bandung: Tarsito.

Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanna, S.H. 2016. Model Pembelajaran. Tema Konsep disertai Media Gambar pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 5. No. 1.

Magorni, S.H., Palimbong, A., dan Saneba, B. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penggunaan Media Gambar pada Pelajaran IPS di Kelas IV SDN Tou Banggai. Jurnal Kreatif Tadulako. Online. Vol. 4. No.11.

Moleong, L.J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Murtiani, Fauzan, dan Wulan. 2012. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Lesson Study dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika di SMP Negeri Kota Padang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. Vol.1. No.21.

Rahmawati dan Melisa. 2016. Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Bermedia Power Point terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi. Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII SMPN 4 Bireuen. Jurnal Edukasi dan Sains Biologi. Vol.5. No.1. http://jfkip. umuslim.ac.id/index.php/jesbio/article/view/154

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-05-01