KEMAMPUAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF, SIKAP ILMIAH DENGAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL INKUIRI PADA PEMBELAJARAN GENETIKA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terhadap peningkatan kemampuan keterampilan metakognitif, sikap ilmiah dan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran genetika, mengetahui hubungan kemampuan keterampilan metakognitif dan sikap ilmiah dengan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester genap universitas Gunung Leuser Aceh berjumlah 49 mahasiswa. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 24 mahasiswa dan kelas VIB sebagai kelas control dengan jumlah 25 mahasiswa. Metode dalam penelitian ini merupakan metode eksperimen. Data hasil belajar diperoleh menggunakan tes. Data kemampuan keterampilan metakognitif diperoleh dengan angket (kuesioner) dan data sikap ilmiah diperoleh dengan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan statistic dengan uji-t (independen t-test) dan regresi. Berdasarkan hasil analisis data dan hipotesis yang diajukan dapat disimpulkan: (1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran inkuiri tehadap kemampuan keterampilan metakognitif, sikap ilmiah dan hasil belajar pada pembelajaran genetika. (2) Ada hubungan positif antara kemampuan keterampilan metakognitif, Sikap ilmiah dengan hasil belajar pada pembelajaran genetika.
Â
Kata kunci: Inkuiri, keterampilan metakognitif, sikap ilmiah, Hasil Belajar
Referensi
Coutinho, Savia A. 2007. The relationship between goals, metacognition, and academic success, 7 (1): 39-47
Iskandar, M. Srini. 2014. Pendekatan Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Sains di Kelas. Jurnal ERUDIO, Vol. 2, No. 2, ISSN: 2302-9021 [online] Tersedia pada http: //erudio.ub.ac.id Diakses Tanggal 18 mei 2017
Risnanosanti, 2008. Melatih Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendisikan Matematika Bengkulu.
Resti, dkk., 2017., Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dan Kemampuan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Ejournal Vol.VI ISSN: 2476-9398 [Online] Tersedia pada: http : //journal.unj.ac.id>unj>article. Diakses Tanggal 20 September 2018.
Samatowa, U. (2011). Pembelajaran IPA di SEKOLAH DASAR. Jakarta: PT Indeks.
Selly, G. (2010). . "Sikap Ilmiah Siswa Kelas IVC dalam Pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah Condongcatur. Skripsi. [online] tersedia pada: http:// eprints.uny.ac.id diakses tanggal 23 mei 2017
Tamsyani., W. 2016., Pengaruh Model Pembelajaran dan Kesadaran Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA dalam Materi Pokok Asam dan Basa. Journal of Est vol.2, no.1, ISSN: 2477-3840
Tresnayani, dkk., 2017., Penerapan Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah. Vol.2, no.1 [Online] Tersedia pada: //http: Ejournal.upi.edu.article. Diakses Tanggal 15 Oktober 2018.
Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.
Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2015). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.