ANALISIS KEMAMPUAN KERJA ILMIAH UNTUK MEMBEKALI REKONSTRUKSI KONSEP BOTANI CRYPTOGAMAE CALON GURU BIOLOGI BERBASIS HANDS-ON ACTIVITY
Abstrak
Inovasi pembelajaran yang telah dilakukan oleh mahasiswa calon guru biologi diharapkan kedepan menjadi suatu pedoman bagi guru biologi untuk mengasah kemampuan siswa dalam melakukan kerja ilmiah pada proses pembelajaran sains yang authentik. Target dari penelitian ini adalah memampukan mahasiswa calon guru biologi dalam mengimplementasikan proses pembelajaran sains melalui penelitian dan pengamatan dilaboratorim untuk mengoptimalkan kemampuan kerja ilmiah dan penguasaan konsep yang konkrit dalam mengembangkan bangunan keilmuan di bidang biologi yang sainstifik. Penelitian ini akan fokus untuk mengkaji dan menganalisis kemampuan kerja ilmiah serta mendeskripsikan konstruksi konsep botani cryptogamae calon guru biologi berbasis hands-on activity. Penelitian ini merupakan penelitian descriptif reaseach dengan jenis penelitian Case study). Data penelitian berupa paparan tentang kemampuan kerja ilmiah dan konstruksi konsep mahasiswa calon guru biologi pada mata kuliah botani cryptogamae. Sampel penelitian merupakan mahasiswa VII tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 54 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan pengisian Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM). Data kemampuan kerja ilmiah dan konstruksi konsep mahasiswa calon guru biologi dianalis dengan kualitatif deskritif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kerja ilmiah dan rekonstruksi konsep mahasiswa calon guru biologi sudah pada kategori sangat tinggi pada kemampuan kerja ilmiah mecapai rata-rata keseluhan indikator yaitu 81,2%, dan kategori sudah berhasil dengan range nilai 6-9 atau 62% kemampuan mahasiswa calon guru biologi pada rekonstruksi konsep Cryptogamae
Â
Kata kunci : Kerja ilmiah, Rekonstruksi Konsep, Pembelajaran Hands on activity
Referensi
Duit, R. (2011). Science Education Research Internationally: Conceptions, Research Methods, Domains of Research, Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 2011, 3(1), 3-15
Khamidah, N & Aprilia, N. (2014). Evaluasi Program Pelaksanaan Praktikum Biologi kelas XI SMA Se- Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta semester II tahun Ajaran 2013/2014. JUPEMASI-PBIO, 1(1): 5-8. Universitas ahmad dahlan. Yogyakarta. 4 hal
Martuti, R. ( 2013). Pengaruh Pembelajaran Open Inquiryterhadap PrestasiBelajar Fisika Ditinjau dari Kerja IlmiahSiswa SMA Negeri 1 Blitar
Sarwi & Khanafiyah, S. 2010. Pengembangan Keterampilan Kerja Ilmiah Mahasiswa Calon Guru Fisika Melalui Eksperimen Gelombang Open-Inquiry. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.(Online), 6, 115-122
Semiawan, Conny., et al. (2010). Pendekatan Keterampilan Proses “Bagaimana Mengaktifkan siswa dalam Belajar? “(6th ed). Jakarta: PT. Gramedia.
Sukmadinata, S, N. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sumantono, S. (2014). Apakah Sains Itu?. Avalable http://deceng.wordprees.com/2007/11/07/apakah- Sains- Itu?/. diakses 10 Mei 2017.