PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DI KELAS IV SD NEGERI 10 JEUMPA
Abstrak
Penelitian ini di latar belakangi karenakecenderungan siswa lebih bersifat pasif, sehingga mereka lebih banyak menunggu sajian guru dari pada mencari masalah dan memecahkan masalah sehingga peneliti menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa serta respon siswakelas IV SD Negeri 10 Jeumpa pada materi bagian tumbuhan dan fungsinya dengan model Pembelajaran Problem Based Instruction. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 10 Jeumpa berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes, lembar observasi dan angket. Teknik analisis data adalah tes hasil belajar, tes aktivitas guru dan siswa dan tes respon siswa. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa: (1) Peningkatan sebesar 25% dari segi hasil belajar siswa ini dasarkan pada siklus I sebesar 66,67% dan mengalami peningkatan sebesar 91,67% pada siklus II.  (2) Peningkatan persentase sebesar 20.35% pada aktivitas guru selama pelaksanaan siklus I dan siklus II dengan persentase rata-rata sebesar 64,67% pada siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 72,48% pada siklus II. Sedangan peningkatan persentase sebesar 11,45% pada aktivitas siswa selama pelaksanaan siklus I dan siklus II dengan persentase rata-rata sebesar 61,79% pada siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 73,17% pada siklus II. (3) Berdasarkan hasil respon diperoleh 79,65% siswa yang menjawab “senangâ€Â dengan cara belajar model pembelajaran  Problem Based Instruction, 20,35% siswa menyatakan “tidak senang†cara belajar model pembelajaran  Problem Based Instruction. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa memberikan respon sangat baik terhadap penerapan model pembelajaran  Problem Based Instruction pada materi Bagian tumbuhan dan fungsinya.
Â
Kata Kunci : Hasil belajar, Model Problem Based Instruction, Bagian tumbuhan dan fungsinya
Referensi
Apriana. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran PBI terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Desa Tejakula Jurnal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 2. No. 1
Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta
Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media
Elvina. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VA SD. Jurnal Pendidikan Rokania Vol. I (No. 2/2016) 133 – 144
Haryanto, 2006. Sains Kelas IV. Jakarta: Erlangga
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Moleong, L.J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar: Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Surya. 2015. Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Ruman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.