PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBASIS MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADAMATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA NEGERI 2 PEUSANGAN

Penulis

  • Rahmi Rahmi Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim
  • Tutiliana Tutiliana
  • Mirnawati Mirnawati

Abstrak

Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem solving berbasis media tiga dimensi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Keanekaragaman hayati kelas X SMA Negeri 2 Peusangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem solving berbasis media tiga dimensi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Keanaekaragaman Hayati kelas X SMA Negeri 2 Peusangan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian adalah penelitian eksperimen populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa  kelas   X   SMA Negeri   2  Peusangan yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 157 siswa. Pengambilan sample menggunakan teknik Cluster random Sampling, dimana siswa kelas X IPA 2 dengan jumlah siswa 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas X IPA 3 dengan jumlah siswa 32 siswa sebagai kelompok kontrol. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data tes awal dan tes akhir, analisis data menggunakan uji T, Hasil penelitian diperoleh terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem solving berbasis media tiga dimensi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Keanekaragaman hayati kelas X SMA Negeri 2 Peusangan. Hal ini dapat dillihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji T dimana  >   yaitu 3,04 > 2,11  berarti hipotesis H0 ditolak maka yang diterima adalah hipotesis Ha, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem solving berbasis media tiga dimensi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi keanekaragaman hayati ekosistem kelas X SMA N 2 Peusangan.

 

Kata Kunci : Problem solving, Media Tiga Dimensi, Berpikir Kreatif

Referensi

Amirudin. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Asrotun. 2014. Penggunaan Media Tiga Dimensi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Disertai tidak diterbitkan. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah.

Damayanti. 2014. Upaya Peningkatan Kreativitas dan Prestasi Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem solving Disertai Hierarki Konsep pada Materi Hidrolis Garam Siswa Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret. Vol. 3 No. 4

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Krulick, S dan Rudnick, JA.1995. The New Sourcebook For Teaching Reasoningand Problem solving in Yunior And Senior High Scool. Boston: Allyn and Bacon

Martiyono. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Mbulu. 2001. Pengajaran Individual Pendekatan Metode Dan Media Pedoman Mengajar Bagi Guru Dan Calon Guru. Malang: Yayasan Elang Emas

Miftahul Huda. 2015. Model-model Pembelajaran dan Pengajaran. Malang: Pustaka Mengajar.

Nana Sudjana. 2003. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Permatasari. 2011. Pengaruh Penggunaan Media Maket dengan Metode Discoveryterhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pokok Ekositem. Lampung: Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Suharnan. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.

Suryabrata. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsit.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-11-01