ANALISIS HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR REMAJA PUTRI PADA SMA NEGERI 1 KABUPATEN BIREUEN
Abstrak
Sekolah merupakan sebuah unit sosial, karena di dalamnya terdiri dari beberapa orang yang menyatu bukan oleh faktor kebetulan tapi dengan sebuah kesengajaan, yakni mereka sengaja untuk menyatu walaupun melakukan tugas yang berbeda satu sama lain dalam rangka mencapai tujuan yang bersama, sehingga sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang mendidik anak-anak dan mengantarkan mereka menuju pada fase kedewasaan intelektual, agar mereka mandiri baik secara psikologis, biologis maupun sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan status gizi dan kesehatan hubungannya dengan prestasi belajar remaja yang dilakukan pada SMA Negeri 1 Bireuen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Berdasarkan uji korelasi Spearman antara status gizi dan kesehatan dengan prestasi belajar memperlihatkan hubungan yang positif (rs = 0,143; p = 0,377).
Kata kunci : Status gizi, Prestasi belajar
Referensi
Achier, Y.A, 1991 Meningkatkan hubungan Remaja dengan Orang Tua, dalam Sanusi Badri dan Syaruddin (Eds). Mengenal dan memahami Remaja. Pustaka Antara. Jakarta
Arisman, 2002. Gizi Dalam daur Ulang. Bagian Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya palembang
Biro Pusat Statistik. 2000. Indikator Kesejahteraan Rakyat, BPS. Jakarta
Darajat, Z, 1995. Remaja, Harapan dan Tantangan. Ruhana. Departemen Kesehatan R.I. 1996. Pedoman Praktis Memantau Status Gizi Orang Dewasa departemen Kesehatan RI, Jakarta
Guharsa, S D & Y.S D. Guharsa, 2003. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. BPK Gunung Mulia. Jakarta
Kalpen, A. S, 1997. Tidak Bodoh tapi Tinggal Kelas. Intisari, Februari, Hal, 170-175.
Khomsan. A, 2002 Pangan dan Gizi untuk Kesehatan. PT. Raja Grasindo Persada. Jakarta
Rosyada. D, 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis. Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Prenada Media. Jakarta
Singarimbun, M., & S. Effendi, 1991. Metode Penelitian Survey. LP3ES. Jakarta.
Soehartono, I, 2000 Metode Penelitian Sosial. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Soemanto, W, 1990 Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta, Malang.
Suryabrata, S, 1995, Psikologi Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta